BPJS Kesehatan Memberikan Sosialisasi Kepada Guru SMP 9 Jayapura

0
79
Sosialisasi BPJS Kesehatan di SMP 9 Jayapura pada, Senin (26/08)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka meningkatkan pemahaman para Guru SMP 9 Jayapura terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Jayapura memberikan sosialisasi terkait hak dan kewajiban, serta informasi –informasi terupdate yang dilaksanakan di SMP 9 Jayapura pada, Senin (26/08).

Para guru antusias saat mengikuti sosialisasi dan mengaku dapat tambahan informasi terkait hak sebagai peserta BPJS Kesehatan. Bahkan, diakuinya baru mengatahui ternyata BPJS Kesehatan memiliki aplikasi Mobile JKN yang memiliki fitur-fitur bermanfaat bagi peserta dalam pengurusan administrasi dapat dilakukan menggunakan handphone tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Aplikasi Mobile JKN dapat diunduh melalui aplikasi Play Store dan App Store menggunakan Smartphone Android dan IOS,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Freda Yanne Imbiri.

Keuntungan yang didapatkan dari aplikasi ini adalah memudahkan peserta JKN-KIS dan masyarakat dalam melakukan pendaftaran, perubahan data, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan menyampaikan pengaduan dan informasi seputar Program JKN-KIS serta dapat menampilkan KIS digital pada saat berobat apabila kartu fisik ketinggalan/hilang.

“Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Iuran yang dibayarkan 2% dari gaji dan 3%nya ditanggung oleh pemerintah yang memberi kerja. BPJS Kesehatan menjamin 3 anak maksimal umur 21 tahun, jika masih kuliah dapat melampirkan surat keterangan Kuliah dengan batas umur 25 tahun. Anak yang keempat yang tidak ditanggung dapat didaftarkan secara mandiri,” tegas Freda dalam paparan materinya.

Kepala Sekolah SMP 9 Jayapura, Theresia mewakili guru-guru yang hadir sekaligus membuka acara sosialisasi mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran BPJS Kesehatan di sekolahnya, dengan diadakannya sosialisasi ini banyak sekali mendapatkan tambahan informasi terkait hak sebagai peserta JKN-KUS. Kita juga diinformasikan untuk merubah dari kartu Askes ke Kartu JKN-KIS bagi yang masih memegang kartu selain KIS, serta melakukan perubahan data Pegawai.

“Harapan kami pihak BPJS Kesehatan dapat terus melakukan sosialisasi kepada guru disekolah-disekolah tidak hanya di SMPN 9 Jayapura, tetapi di setiap sekolah agar para guru dapat memahami berbagai informasi terkait hak-haknya sebagai peserta JKN-KIS,” tutupnya.[ayu]