Dukcapil Layani 200 KK OAP Khusus Port Numbay Dari Kampung Tobati dan Enggros

0
34
Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat menemui warga yang mendapat pelayanan terkait data kependudukan di Tanjung Chyberi, Enggros

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sesuai pencanagan yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA) khusus OAP Prot Numbay, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura membuka pelayanan kepada masyarakat di Kampung Tobati dan Enggros, Sabtu (30/11).

“Kami di pantai Cibery melayani 70 kepala keluarga dari Tobati dan 130 kepala keluarga dari Enggros. Kita undang semua berdasarkan data siapa saja yang belum lengkap dokumen kependudukannya,” ujar Kepala Disdukcapil, Merlan Uloli kepada awak media disela-sela kegiatan.

Dilanjutkan, dalam pelayanan tersebut, dapat langsung dicetakkan KTP, KIA dan juga akte kelahiran khusus untuk OAP. “Kita buka pelayanan dokumen dan kita bersyukur jaringannya bagus sehingga sebagian sudah pulang membawa KTP aslinya, maupin dokumen kependudukan yang,” lanjutnya.

Ini merupakan amanat otsus bahwa ada keharusan untuk orang-orang Papua yaitu mendapatkan pelayanan jasa yang berbeda. “Bedanya adalah kita undang, kita berikan konsumsi dan uang transport. Dengan harapan, mereka semua yang diundangan dapat hadir karena ini saat juga kepala kampung dari kedua kampung telah hadir, ada pula pak Walikota yang juga merupakan orang Tobati sehingga ada motivasi untuk warga supaya terpanggil untuk hadir disini sekaligus mereka berekreasi, mereka juga bisa sambil rekreasi sambil mengurus dokumen kependudukan,” bebernya.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano sangat mendukung program GISA OAP tersebut. “Kita jadi dapatmengetahui secara pasti data OAP dengan baik. Maka, nanti di masing-masing kampung, distrik dan kelurahan harus membuat program-program yang menyentuh langsung dengan kebutuhan-kebutuhan OAP agar kita bisa mengetahui secara baik,” jelasnya.

Ia juga sangat mengapresiasi antusiasme warga serta kinerja dukcapil. “Warga sangat antusias dari pagi. Dukcapil pun hadir disini untuk mendekatkan diri dengan layanan ini kepada masyarakat bahwa mereka tidak perlu jauh-jauh membuang biaya yang besar tapi cukup datang ke tempat ini, mereka hanya menyebrang ke sini. Dukcapil sendiri telah semua alat-alat dari kota lalu tinggal cetak dokumen kependudukannya,” tandasnya. [ayu]