Dukung Icon Wisata Jembatan Merah, Harus Dibangun Hotel Berbintang di Sekitar Jembatan Holtekamp

1560
Jembatan Hamadi-Holtekamp yang akan menjadi icon wisata baru di Kota Jayapura. (inzet : Lukas Enembe)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MH mengatakan jembatan Hamadi – Holtekamp akan jadi salah satu icon wisata di Kota Jayapura, sehingga harus dibangun hotel berbintang untuk percantik wajah Kota Jayapura.

“Kami sudah sepakat, baik di sisi kiri atau kanan jembatan ini akan dibangun hotel berbintang dan kemungkinan bisa dibangun,” kata Gubernur Lukas Enembe didampingi Wagub Papua, Klemen Tinal, Sekda Hery Dosinanen, ketua komisi IV DPRP dan SKPD teknis saat meninjau pembangunan jembatan Hamadi – Holtekamp, Kota Jayapura, Jumat (12/10/2018).

Gubernur menyarankan  bagi investor, bahwa sebelum membangun wajib terlebih dahulu membicarakan dengan pemilik tanah untuk pembayaran ganti rugi.

Pembangunan hotel berbintang ini, kata Enembe, mampu menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Kota Jayapura yang merupakan wajah Provinsi Papua.

“Jembatan yang menghubungkan pantai Hamadi dan Holtekamp ini akan jadi tempat wisata baru di Kota Jayapura, karena dikelilingi pulau–pulau kecil di Teluk Youtefa, sehingga menambah indah pemandangan untuk dinikmati,” ujarnya.

Jembatan merah yang dibangun membentang di atas perairan Teluk Youtefa memiliki panjang 732 meter tersebut, merupakan salah satu program pembangunan mahakarya Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo bagi Provinsi Papua untuk menghubungkan Kota Jayapura – Kabupaten Keerom dan  perbatasan Negara RI-PNG, Skouw – Wutung.

“Kalau tidak ada masalah, pembangunan jembatan ini dipastikan rampung pada Desember 2018 mendatang, tapi maksimal operasional masih membutuhkan waktu hingga empat bulan kedepan yang diresmikan Presiden Jokowi,” kata Enembe.[piet]