Gebyar PON XX Kota Jayapura Akan Diadakan Pada 4 September Nanti

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Gebyar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 Kota Jayapura akan dilangsung pada Sabtu tanggal 4 September 2021 mendatang.

Ketua Gebyar PON XX Papua tahun 2021, Otniel Deda katakan gebyar PON akan dilangsungkan di 4 klaster PON XX di Papua. “Kita akan mulai gebyar yang pertama yaitu di kota Jayapura. Dan sudah kita sepakati, kegiatan gebyar akan berlangsung pada 4 September nanti,” katanya pada awak media, Sabtu (28/8/21).

Otniel sampaikan, gebyar PON merupakan media informasi terkait kesiapan Papua sebagai tuan rumah dalam mempersiapkan pelaksanaan PON yang tersisa kurang lebih sebulan lagi. “Intinya gebyar PON ini sebagai media untuk menyampaikan kesiapan tuan rumah khususnya klaster Jayapura untuk menjadi tuan rumah yang secara teknis siap kepada masyarakat dan juga teman2 kontingen 34 provinsi yang ada diluar tanah Papua,” ujarnya.

Tempat pelaksanaannya, Otniel ungkapkan sementara ini sedang di survey karena ada 2 tempat yang menjadi pilihan panitia gebyar PON XX. “Awalnya sepakat di lapangan Tri Sila namun ada mengalami hal-hal teknis jadi kami mau melakukan survey lagi karena ada 2 tempat yang masuk dalam pilihan kami yaitu lapangan Tri Sila dan PTC karena pusat kegiatan di kota Jayapura sehingga kami mencari tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat,” ungkap Otniel.

Pada gebyar PON nanti akan ada banyak kegiatan-kegiatan yang dikemas oleh panitia gebyar PON seperti menunjukkan kesiapan tuan rumah PON di Papua serta kesiapan finalisasi pembangunan venue di klaster kota Jayapura.

“Kami juga akan menunjukkan kesiapan sub klaster sendiri untuk menerima tamu kontigen dari 34 provinsi yang dimana cabornya akan bertanding di kota Jayapura. Lalu juga kami akan libatkan UMKM baik itu UMKM lokal maupun nusantara,” bebernya.

Ada pula makanan-makanan dan hiburan-hiburan seperti parade musik lokal maupun nasional. Tak hanya itu, pada gebyar PON nanti juga akan ada pemberian doorprize serta informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan PON XX Papua.

“Sehingga kami bisa sampaikan kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi, datang untuk menyaksikan kegiatan gebyar PON XX Papua di kota Jayapura,” tuturnya.

Kendati demikian, Otniel harapkan masyarakat yang hendak hadir dalam acara gebyar PON tersebut dapat menaati protokol kesehatan (prokes) secara ketat agar tetap terhindar dari covid-19.

“Nanti dari pintu masuk kita sudah terapkan prokes secara ketat mulai dari mencuci tangan, mengukur suhu, mengecek masker. Jadi saya harapkan semua masyarakat yang mau hadir tolong patuhi prokes. Bila sehat, tolong segera vaksin agar dapat terhindar dari covid-19,” pungkasnya. [ayu]