Ini Alasan PDAM Selektif Dalam Pemasangan Sambungan Air Baru

JAYAPURA, PapuaSatu.com – PDAM Jayapura kini sangat selektif dalam hal pemasangan sambungan air kepada masyarakat yang baru mengajukan permohonan pemasangan air.

Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna, SE, MM mengatakan alasan pihaknya selektif dalam pemasangan sambungan air baru adalah karena kapasitas air yang mulai minim.

“Pengguna PDAM hingga saat ini mencapai 35.400 pengguna, dengan kapasitas air 895 meter/detik dan memang dengan kondisi hanya 50 persen saja yang dapat kita manfaatkan,” katanya kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (19/10/2020).

Dijelaskan, rendahnya curah hujan juga mempengaruhi fluktuasi air. “Curah hujan masih rendah sehingga fluktuasi ajr masih rendah di area sumber air, maka menyebabkan kami tidak optimal dalam mendistribusikan air pada pelanggan sehingga ada beberapa wilayah yang mengalami penggiliran air seminggu 2-3 kali dengam durasi 6-12 jam,” jelas Entis.

Maka, hal tersebutlah yang mendorong PDAM sangat selektif dalam pemasangan sambungan air baru. “Permohonan-permohonan di wilayah Kota, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura dan Waena, itu kami sangat selektif dan hanya wilayah-wilayah tertentu saja yang kami ijinkan,” ujarnya.

Ditegaskan, bila ada permohonan pemasangan baru, harus ditinjau dilapangan, bila wilayahnya memungkinkan dapat dilakukan pemasangan sambungan baru, bisa saja dilakukan.

“Karena semua itu dilihat dari letak wilayah tersebut apakah menyulitkan tekanan air atay tidak, lalu apakah memungkinkan untuk berbagi air dengan pipa yang sudah ada, bila aman saja, maka bisa dilakukan penyambungan baru,” tegas Entis.

Namun kondisi ini juga akan berubah bila kondisi debit air sudah kembali normal di beberapa sumber air yang ada. [ayu]