Kantor Imigrasi Jayapura Canangkan Wilayah Bebas Koruspi, Pemkot Beri Apresiasi

0
217

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi (Kanip) Kelas I TPI Jayapura, Pemerintah Kota Jayapura melalui Wakil Wali Kota Jayapura, Rustam Saru memberikan apresiasi kepada Kanim Kelas I TPI Jayapura.
“Ini patut dijadikan contoh, bahwa pemerintahan harus berinovasi seperti yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura yang telah melakukan pencanangan zona integritas,” ucapnya, Selasa (21/5/2019).
Ia berharap deklarasi ini berdampak positif dan membuat kinerja Kanim Jayapura menjadi lebih baik. “Saya harap WKB dan WBBM ini dapat meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik di wilayah hukum Kanim Jayapura,”harapnya.
“Ini juga merupakan bentuk upaya dalam melakukan pencegahan dini dari permasalahan KKN, maka ini kami sambut sangat positif dalam rangka untuk menjaga integritas,”tambahnya.
Ia menegaskan bahwa hal ini juga dapat membuat ASN menjadi pribadi yang bebas korupsi. “Menjaga agar setiap aparat sipil negara di setiap instansi itu bisa bersih, bebas korupsi termasuk menjaga jati dirinya lebih transparan dalm memberikan pelayanan,” tegas.
Dirinya mengatakan kedepannya warga Jayapura harus diberi pemahaman terkait pencanangan yang dilakukan hari ini agar informasi terkait pelayanan muda diketahui masyarakat bahwa dahulu pelayanan berbelit-belit namun sekarang dengan pelayanan yang sangat cepat.
“Pelayanan kini lebih cepat dilakukan, bisa saja mengurangi biaya transportasi dan bisa menghemat, saya kira ini suatu langkah positif,” katanya.
“Membangun zona integritas itu mewujudkan aparat yang menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran, bebas dari korupsi, suap, pungli dan gratifikasi, dan meningkatkan pelayanan publik yang baik dan konsisten,” katanya lagi.
Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Papua, Sabar Oliv Iwanggin menyampaikan WBK/WBBM ini merupakan suatu hal yang penting bagi sebuah Negara, dan institusi negara yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Ini luar biasa ada di Papua, Kanim Imigrasi menjadi role model, untuk instansi vertikal yang ada di Tanah Papua,”tuturnya.
Iwanggin mengaku, pemkot berikan apresiasi karena pelayanan one stop service, seluruh proses pelayanan dilakukan dalam satu tempat, hal ini menurut Iwanggin perlu dipublikasikan untuk diketahui publik yaitu masyarakat Papua.