Kesadaran Pensiunan Taspen Untuk Lakukan Enrollment Secara Online di Papua Masih Rendah

0
59
Kepala PT TASPEN (Persero) cabang Jayapura, Mulat Budianto
Kepala PT TASPEN (Persero) cabang Jayapura, Mulat Budianto

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Untuk mempermudah pelayanan pada PT TASPEN (Persero), telah ada inovasi baru yakni pendaftaran atau enrollment secara online. Enrollment tersebut tak hanya diwajibkan untuk seluruh pensiunan yang terdaftar pada PT TASPEN (Persero).

Kepala PT TASPEN (Persero) cabang Jayapura, Mulat Budianto mengatakan pendaftaran enrollment ini dapat dilakukan di kantor Taspen dan mitra kerja Taspen terdekat.

Menurutnya, hal ini sangat menguntungkan bagi pensiunan karena bila telah melakukan enrollment secara online, pensiunan tak perlu repot-repot lagi datang ke kantor Taspen untuk mengambil dana pensiun.

“Seringkali kan pensiunan datang ke kantor, mereka (pensiunan) menunggu lama, kan kasihan karena waktu terbuang. Maka kami sarankan untuk lakukan enrollment pada petugas,” ujarnya, Selasa (10/9/2019).

Ia menjelaskan, setelah lakukan enrollment di petugas, petugas akan mengarahkan untuk mendownload aplikasi mobile Taspen. Setiap bulannya, pensiunan yang sudah melakukan enrollment tak perlu lagi ke Taspen untuk mengambil uang secara manual.

“Cukup buka aplikasi mobile Taspen, ikuti langkah-langkahnya dan masukkan NIP saja, lalu tinggal ke ATM terdekat untuk mencairkan uang pensiunan,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Seksi Umum & SDM, Jenni Ivanna Malau menyampaikan bahwa sebagian besar pensiunan enggan melakukan enrollment online karena mengaku tak menggunakan smartphone. “Padahal kan bisa gunakan smartphone milik anak atau orang terdekat karena aplikasi Taspen mobile ini aman, tidak bisa digunakan orang lain karena ada otentikasi wajah si pensiunan tersebut,” tuturnya.

“Untuk saat ini hampir 22.949 pensiunan di cabang Jayapura, yang baru lakukan pendaftaran 14.209 sedangkan dari jumlah terdaftar, yang baru lakukan enrollment secara online baru 18,25 persen itu sekitar 2.593 orang,” sambungnya.

Maka, ia menghimbau seluruh pensiunan untuk segera melakukan enrollment, karena selain ada kemudahan terhadap pelayanan, kedepannya juga ada penertiban kartu pintar Taspen atau Smart Card. “Smart card nanti kedepannya akan dibagikan, banyak fungsinya juga karena ada diskon di beberapa tempat yang telah menjadi mitra Taspen. Maka saya himbau seluruh pensiunan, ayo lakukan enrollment,” tukasnya.[ayu]