Kunjungi Tiga Posko, Wakil Walikota Jayapura Beri Peringkat Terbaik Posko Covid-19 Kampung Waena

Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,MM saat menuju Kantor Kampung Waena, Distrik Heram, Kotamadya Jayapura
Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,MM saat menuju Posko Covid Kampung Waena, Distrik Heram, Kotamadya Jayapura

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,MM melakukan kunjungan sekaligus memantau beberapa Posko Satgas Covid-19 di tiga pemerintah kampung, termasuk kampung Waena Rabu, 18 Agustus 2021.

Dalam kunjungan yang juga diikuti beberapa dinas terkait itu, Wakil Walikota menilai pemerintah kampung Waena merupakan yang terbaik terhadap kinerja petugas satgas Covid dan sarana prasarana untuk penanganan kasus Covid-19 diantara tiga kampung yang dikunjungi.

“Kami meninjau posko Covid-19 di tiga kampung yaitu Nafri, Yoka, dan pemerintah kampung Waena. Dari ketiga kampung ini yang terbaik sementara ini adalah kampung waena, karena petugas sudah ada, peralatan sudah ada, struktur sudah ada, dan pengawasan kepada rumah-rumah yang terpapar juga sudah jalan”, ungkap Ir.H. Rustan Saru, MM.

Dalam kunjungan ke pemerintahan Kampung Waena, Rustan Saru juga mengarahkan seluruh perangkat kampung untuk turut membantu dalam proses-proses pembangunan fisik dan non fisik yang dikerjakan oleh pemerintah Kampung Waena.

“Ya jadi para RT, RW dan seluruh perangkat kampung Waena harus bergotong-royong untuk membangun kampung Waena, misalnya pembangunan gereja, rumah ondoafi, jalan atau rumah sehat lainnya yang sudah maupun yang akan dikerjakan oleh pemerintah kampung Waena,” jelas wakil walikota.

Hal ini supaya pekerjaan tersebut bisa cepat terselesai dan pencairan anggaran tahap-tahap berikutnya juga bisa lancar

Wakil walikota juga mengatakan, Kampung Waena memiliki banyak potensi alam dan potensi sumber daya manusia yang bisa mengelola kampung menjadi kampung teladan bagi kampung-kampung lain.

“Oleh karena itu UMKM yang dimiliki oleh kampung waena harus perlu meningkatkan seperti yang hari ini saya sendiri saksikan ada sayur hidrophonik, dan telur ayam kampung, ada koperasi, terus ada juga posyandu dan lain-lainnya yang merupakan hasil usaha dari warga kampung Waena. Hal-hal seperti ini yang diharapkan oleh pemerintah kota Jayapura untuk memajukan masyarakat kita,” sambungnya.

Sementara itu, RT/RW dan beberapa staf pemerintah kampung Waena yang hadir juga dapat menyampaikan permohonan lisan dan melaporkan beberapa hal yang sering terjadi di kampung waena.

“Di beberapa RT truck sampah yang disediakan oleh pemerintah kota Jayapura jarang masuk di lingkungan kami, mohon penegasan dari satpol PP untuk pedagang di mata-mata jalan yang membuang sampah sembarang, dan juga lampu-lampu jalan kami dari ujung kampung waena sampai ujung batas kampung juga tidak menyala,” ungkap salah satu staf kampung Waena kepada Wakil Walikota.

Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,MM saat memberi arahan di Kantor Kampung Waena, Distrik Heram, Kotamadya Jayapura
Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,MM saat memberi arahan di Kantor Kampung Waena, Distrik Heram, Kotamadya Jayapura

Sementara itu, kepala kampung Waena Dominggus Modouw, SH menyampaikan selamat datang dan permohonan maaf bila ada kekurangan pad penyambutan kunjungan Wakil Walikota serta rombongannya di kampung Waena.

“Saya selaku kepala Kampung Waena sekaligus ketua gugus tugas covid-19 Kampung Waena menyampaikan ucapan selamat datang bapak wakil walikota Ir. H. Rustan Saru, MM dan rombongannya di kampung kami dalam rangka kunjungan sekaligus memantau kinerja petugas satgas covid-19 di kampung waena dan juga kinerja kami pemerintah kampung,” ungkap Dominggus Modouw saat dikonfirmasi papuasatu.com, Rabu (18/8/21).

Ia berharap semoga saran dan arahan wakil walikota pada kunjungan di kampung Waena menjadi di catatan penting bagi pemerintah kampung waena untuk kinerja yang lebih baik kedepan.[miki]