Pemerintah Kampung Waena Gelar Musrembang Tahun 2021

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pemerintah Kampung Waena menyelenggarakan musyawarah rencana pembangunan kampung (Musrembang) Tahun Anggaran 2021 untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kampung Waena.

Dalam agenda itu, pemerintah Kampung Waena menghadirkan beberapa SKPD terkait di pemerintahan Kota Jayapura diantaranya, Inspektorat kota, Disnaker, BPKAD, BAPEDA, Kabak Hukum, Pendamping T.A P3MD, DPMK, BUPR Kota Jayapura, hingga pemerintah distrik Heram, dan RT/RW pemerintah kampung di Posko Covid-19 kampung Waena, Selasa (08/09/2020).

Dominggus Modouw,SH dalam sambutannya mengatakan, terkait agenda pembangunan yang ditargetkan pada tahun anggaran 2021. Dan  Musrembang ke I semenjak pihaknya menjadi KPK Waena,tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kampung termuda di kota Jayapura.

“Saya mewakili pemerintah kampung Waena menyampaikan terimah kasih sekaligus selamat datang bagi SKPD Kota Jayapura yang turut mendukung pembangunan di wilayah pemerintahan Kampung Waena, dalam hal ini bisa hadir pada kegiaatan Musrembang di Kampung Waena,” katanya siangkat.

Ia mengatakan, hasil dari Musrembang yang menjadi pertama kali dalam masa jabatan saya ini dapat berjalan sesuai yang direncanakan. “Itu semua dapat berjalan baik karena kerjasama dari pihak dinas-dinas terkait sekaligus masyarakat kampung,” uajrnya.

Lanjutnya, dirinya selaku kepala Kampung membuka dengan resmi dan pada akhir dari hasil Musrembang, akan kami realisasikan dalam rencana pembangunan di beberapa bidang yang tercantum pada Musrembangnya.

Sementara itu inspektorat Kota Jayapura, Andrias Kayai, mengatakan, harus semua stakeholder turut mengambil bagian di dalam perencanaan pembangunan kampung ini. Sebab semua perencanaan yang yang dimuat dalam Musrembang itu bersumber usulan-usulan yang diajukan oleh masyarakat kampung itu sendiri.

“Ia memang semua staeholder mulai dari RT/RW, distrik serta dinas-dinas terkait juga harus terlibat di dalamnya. Hal ini agar semua usulan yang menjadi perencanaan pembangunan kampung itu bisa menjadi target bersama,” ungkap Andrias Kayai.

Hal itu disampaikan agar ada hal-hal yang menjadi kewenangan kampung dan kewenangan dinas terkait sesuai dengan pembiayaan pembangunan. Dan hal itu juga untuk menghindari terjadinya tumpang tindih dalam proses pembangunan dari hasil perencenaan pembangunan tersebut.

Musrembang pemerintah kampung Waena tahun anggaran 2021 ini dapat diawali dengan pra musrembang oleh pemerintah kampung Waena pada jumat, 04/09/2020 di Posko Covid-19. Hasilnya sesua laporan oleh KPK kampung Waena pada kesempatan musyawarah rencana pembangunan kampung yang diselenggarakan pada, 08/09/2020 itu, dapat direspon baik oleh  kepala bidang pemberdayaan kampung dan kelembagaan SDM dan TTG Kota Jayapura, Sipora Karuway, S.Stp. M.Si saat ditemui PapuaSatu.com.

“Memang, pelaksanaan perencanaan pembangunan (Musrembang), itu harus diawali dengan pra musrembang yang dapat melibatkan RT/RW dan badan musyawah kampung (Bamuskam), karena hasilnya akan dibahas lebih dalam lagi saat Musrembang, dan untuk pemerintah kampung Waena, sesuai laporan kepala kampung sudah selesai. Sehingga hasil dari musrembang ini sudah baik, namun harus ingat kembali bahwa bagian mana yang menjadi prioritas dalam pembangunan kampung Waena kedepan nanti.

Sipora Karuway, juga berharap agar pemerintah kampung harus membuka kesempatan terhadap dinas-dinas terkait untuk melakukan konsolidasi yang lebih dalam pada proses perencanaan pembangunan hingga pada saat pelaksanaan pembangunan di masing-masing bidang yang sudah diusulkan bersama.

Ditempat yang sama, Rian Risky Madeso sebagai staf kaur pembangunan pemerintah  kampung Waena, memberi dukungan penuh kepada kebijakan yang di ambil pemerintah kampung Waena.

“Kami selaku bawahannya kepala kampung, siap mendorong pembangunan kampung Waena kedepan, demi mencapai kampung yang nyaman, aman, damai, bersih dan sejahtera. Dengan demikian kami yakin bahwa kampung kami akan menjadi kampung yang patut dicontohi oleh kampung lain yang ada di wilayah pemerintahan Kota Jayapura, apa lagi menjadi kampung unggulan itu lebih bagus lagi, kan hal itu sudah menjadi Visi Misinya pemerintah Kota Jayapura selama ini,” harap Rian.

Dukungan yang diberikan Rian selaku Kaur pembangnunan itu pihaknya mengatakan atas dasar pengalaman yang diberi kepercayaan oleh pemerintah kampung dalam beberapa pembangnunan sebelumnya. Apa lagi sesudah Musrembang ini akan lebih utamakan mana yang diutamanakan sesuai hasil kesepakatan dalam Musrembang tersebut. [miki]