RS Provita Jadi Percontohan Aplikasi Pacedukcapil Online

0
67
Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Dukcapil dan RS Provita, Jum'at (12/7/2019) di RS Provita Jayapura
Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Dukcapil dan RS Provita, Jum'at (12/7/2019) di RS Provita Jayapura

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jayapura terus melakukan inovasi-inovasi guna mempercepat pelayanan terhadap masyarakat Kota Jayapura.

Salah Satunya dengan hadirnya aplikasi Pacedukcapil Onlin, Dukcapil Kota Jayapura memilik Rumah Sakit Provita Jayapura untuk menjadi percontohan penerapan aplikasi Pacedukcapil.

Kepala Dinas Dukcapil, Merlan Uloli menjelaskan lewat aplikasi tersebut maka pembuatan akte kelahiran dan akte kematian jadi lebih cepat.

“Sekarang pasien di RS Provita tidak perlu repot-repot lagi ngurus akte kelahiran dan akte kematian. Begitu pasien melahirkan di RS Provita, dari pihak RS Provita bisa entry data melalui internet dan dukcapil akan buatkan lalu antarkan ke RS Provita. Jadi begitu pasien keluar dari RS bisa langsung membawa berkas penting tersebut,” jelasnya usai penandatanganan MoU bersama RS Provita, Jum’at (12/7/2019).

Dalam sistem pemberkasan, kata Merlan, pasien langsung menerima 3 dokumen sekaligus. “Bila pembuatan akte kelahiran, otomatis pasien tersebut akan menerima Kartu Keluarga yang baru juga serta Kartu Identitas Anak (KIA),” lanjutnya.

“Sama halnya dengan pembuatan akte kematian, pihak keluarga akan terima 3 dokumen juga yakni akte kematian, kartu keluarga yang baru dan KTP bagi pasangan yang ditinggal,” sambungnya.

Merlan berharap program dari aplikasi Pacedukcapil di RS Provita ini bisa berjalan lancar dengan adanya kerelaan dan sikap melayani dari pihak RS Prvita karena akan sia-sia bila tidak ada kerjasama yang baik dari kedua belah pihak.

Dikesempatan yang sama, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano memberikan apresiasi kepada pihak RS Provita atas respon yang luar biasa dengan hadirnya program aplikasi Pacedukcapil tersebut.

“Luar biasa, hanya percakapan singkat yang kita lakukan 2 hari lalu tapi respon sangat cepat dari pihak RS Provita sehingga pelaksanaan kerjasama ini bisa kita lakukan hari ini,” ucapnya.

Harapannya, RS Provita bisa menjadi percontohan bagi RS lain di kota Jayapura yang menggunakan program aplikasi Pacedukcapil.

“Semoga bisa jadi contoh untuk RS yang lain agar dokumen kependudukan bisa lengkap dan cepat. Kami mohon bantuan dari para suster agar rajin entry data,” pungkasnya. [ayu]