Saka Kencana Bersama BKKBN Melantik Pengurus Masa Bakti 2019-2024

0
119
Caption : suasana pengurus Saka Kencana daerah gerakan pramuka Papua dengan masa bakti 2019-2024 di Hotel Home Abepura-Jayapura, Jum'at (19/10/2019).
Caption : suasana pengurus Saka Kencana daerah gerakan pramuka Papua dengan masa bakti 2019-2024 di Hotel Home Abepura-Jayapura, Jum'at (19/10/2019).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua melantik pengurus Saka Kencana daerah gerakan pramuka Papua dengan masa bakti 2019-2024 di Hotel Home Abepura-Jayapura, Jum’at (19/10/2019).

Dalam pelantikan tersebut, ada pula pembinaan yang dilakukan meliputi empat krida yakni krida bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB & KR), krida bina Keluarga dan Pemberdayaan Keluarga (KS & PK), krida Advokasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (advokasi & KIE) dan krida bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE.M.Si, mengungkapkan program kerja saka kencana pun telah dibahas dan direncanakan dari sekarang sebagai bentuk tindaklanjut atas himbauan dari kelala BKKBN RI. “Tahun ini harus benahi seluruh saka. Bahkan program pada tahun 2020 pun kami sudah rencanakan,” ungkapnya.

Dengan adanya perencanaan tersebut, Charles berharap pada tahun 2020 nanti ada aktivitas dan kegiatan-kegiatan dari Saka Kencana. “Hari ini dilantik pengurus baru Saka Kencana, namun rencana program sudah dibahas. Saka pada Kabupaten pun masih aktif kita sesuai harapan kakwarda,” lanjutnya.

Sementara itu, Kakwarda Papua, Christina Luluporo menjelaskan apa saja tugas dari Saka Kencana Pramuka terhadap masyarakat.

“Saka kencana merupakan kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan praktis dan bakti masyarakat dalam bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan,” jelasnya.

Ia menegaskan, kegiatan Pramuka ini sangat penting untuk anak terutama para pemuda-pemudi Indonesia. “Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok membina anak dan pemuda Indonesia agar menjadi tenaga kader pembangunan bermoral Pancasila yang kuat jasmani dan rohani,” tandasnya. [ayu]