Taspen Serahkan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Sebesar Rp. 236 Juta

0
68

JAYAPURA, PapuaSatu.com – PT TASPEN (Persero) menyerahkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKM) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada istri dari salah satu ASN BKN Region IX Jayapura yang wafat karena kecelakaan kerja beberapa bulan lalu.

Kepala PT Taspen (Persero), Mulat Budiyanto mengatakan pembayaran hak tersebut dilakukan secara bertahap dan dibayarkan pada bulan ke-7 usai wafat.

“Karena almarhum meninggal karena kecelakaan kerja, maka jaminan kematian dibayarkan pada bulan ke-7 kepada istri atau janda tersebut. Namun bila almarhum meninggal bukan karena kecelakaan kerja maka dibayarkan pada bulan ke-5 usai wafat,” katanya pada awak media, Jum’at (22/11).

Jaminan tersebut diberikan kepada ahli waris yang berhak yaitu tabungan hari tua atau asuransi serta ada pula hak beasiswa yang diberikan kepada anak-anak dari almarhum.

“Ada yang sudah mahasiswa kami berikan secara tunai sebesar 15 juta rupiah dan yang masih status sekolah kami bayarkan sebesar 45juta yang digunakan untuk keberlangsungan anak-anaknya dalam rangka kuliah ataupun sekolah. Jadi untuk pembayaran tahapannya itu secara bertahap karena beasiswa. Nanti kita kan sesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan pada saat masuk SD, masuk SMP kemudian masuk SMA dan kuliah untuk kita akan sesuaikan dan kita bayarkan langsung ke rekening jadi yang bersangkutan tidak perlu mengurus lagi karena sudah secara otomatis,” terangnya.

Sedangkan untuk JKK dibauarkan sebesar 149juta dan dari TASPEN bayarkan sebesar 27juta.

Tak hanya itu, Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Region IX Jayapura, Paulus Dwi Laksono mengungkapkan bantuan yang diterima pihak keluarga juga tak hanya dari TASPEN semata namun juga pihaknya telah juga telah memberikan bantuan.

“Beberapa bulan yang lalu dari BKN sendiri telah merasa kehilangan putra terbaik dan kami juga memberikan perhatian terkait dengan biaya pemakaman serta beberapa bantuan yang kami rasa tidak perlu kami sampaikan juga. Namun saat ini penyerahan jaminan kematian kami berharap dapat bermanfaat dan tidak dipakai secara konsumtif tapi untuk menunjang kehidupan sehari-hari dan pendidikan anak-anaknya,” ungkap Paulus.

Hal tersebut disambut baik oleh istri almarhum Theofilus Meteseray Ondowapo, Juliana Marice Mariones Sroyer.

“Terima kasih PT Taspen (Persero) dan BKN Region IX Jayapura sudah membantu kami, memberi arahan tadi tentang bagaimana agar kami bisa kedepannya dan mengarahkan masa depan anak-anak. Itu sangat penting maka kami ucapkan terima kasih banyak,” tutupnya. [ayu]