Mantan Sekjend KNPI Papua Barat Dilantik Sebagai Pengurus Pusat, Ini Selengkapnya

35

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Jemi Jefferson Liusanda, tokoh pemuda Papua asal Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat dilantik sebagai Wakil Ketua Umum DPP KNPI Priode 2022 – 2025.

Mantan Sekjen KNPI Provinsi Papua Barat priode 2017 – 2021 ini dilantik oleh Ketua Umum DPP Koimite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), bersama ratusan perwakilan pemuda dari berbagai provinsi, di Tugu Serangan Umum 1 Maret 1949, Yogyakarta pada tanggal 23 Juli 2022.

Jemi Jefferson Liusanda yang dikonfirmasi menyampaikan terimakasih kepada Pemuda Papua Barat yang telah telah mempercayakan dirinya mewakili pemuda Papua Barat di kepengurusan DPP KNPI Periode 2022 – 2025.

Menurutnya, regenerasi kepemimpinan pemuda Papua Barat baik dari tingkat distrik, kabupaten, provinsi bahkan sampai ke tingkat Nasional adalah sebuah keharusan.

“Ini menjadi pergumulan besar pemuda di tanah Papua secara khusus pemuda Papua barat. Bahwa, era sekarang adalah era kompetensi. Persaingan dalam semua aspek kehidupan membutuhkan kesiapan generasi muda.  Proses yang baik akan menghasilkan produk yang baik pula,”ujar mantan Wakil Ketua Wakil Ketua DPD KNPI Fakfak ini.

Dicecar mengenai visi dan misi, tokoh muda Papua ini mengatakan, dia (jemi liusanda-red) akan bersama – sama mengawal hasil konggres termasuk program DPP KNPI yang diketuai Haris Pertama.

“Kehadiran KNPI disemua level atau tingkatan mesti menyentuhkaqn problem solving pemuda Indonesia dan tentu pergumulan rakyat Indonesia,”imbuhnya.

Sebagai pemuda asal Papua yang menduduki jabatan di DPP KNPI tersebut meminta kepada pemuda, agar dapat melaksanakan beberapa hal tersebut.

Pertama, pemuda harus berada dalam sebuah Harmony keberagaman, karena keberagaman adalah sebuah keniscayaan. Dalam keberagaman ada begitu banyak perbedaan, baik Suku, Agama, Ras termasuk perbdaan platform politik.

Namun dalam KNPI dengan tagline Energy of Harmonyemberi pesan bagi kita bahwa, perbedaan kita adalah kekayaan dan energy kita. Coba bayangkan, banyak perbedaan tapi kalau kita bersatu dalam sebuah Harmony. Maka ini adalah sebuah enegy besar kita.

Kedua, Jargon KNPI untuk Rakyat yang di gaungkan oleh Ketum DPP KNPI Haris Pertama adalah jargon yang sangat tepat dalam konteks posisi, peran dan fungsi kehadiran KNPI bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kehadiran KNPI bukan hanya berputar dalam eskalasi para elit pemuda dan elit politik bangsa dan negara yang selama ini terjadi. Tetapi, KNPI harus benar – benar hadir untuk menjawab masalah pembangunan.

Baik masalah ekonomi, politik, sosial dan budaya. Pada titik ini semua kader KNPI dari tingkat pusat sampai ke daerah harus mampu mendesain program kerja yang pro kepada pemuda dan pro kepada kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Terlalu lama KNPI berada pada urusan yang jauh dari tugas dan fungsinya. Dimana, banyak masalah pemuda dan rakyat yang harus mendapat sentuhan peran dari KNPI.

Sudah saatnya KNPI berdiri digarda terdepan, untuk menjawab tantangan dan berkontribusi langsung dalam pembangunan bangsa.

Ketiga, kehadiran kami dari tanah Papua dalam kepengurusan DPP KNPI periode 2022 – 2025 adalah sebuah amanah dari seluruh pemuda di tanah Papua. Amanah dan kepercayaan ini mesti dijawab dengan tugas dan kerja. Kenapa demikian, ada begitu banyak pergumulan pemuda dan rakyat se-tanah Papua yang mesti menjadi perhatian DPP KNPI maupun KNPI di daerah.

 

Tentu kami akan mendorong program kerja secara nasional, melalui program kerja DPP KNPI yang mengarah ke upaya menjawab berbagai masalah di tanah Papua.

Kami akan mendorong kepada pengurus pusat untuk mendesain kegiatan secara nasional yang berpusat di tanah Papua. Baik Papua maupun Papua barat. Hal ini paling tidak memberi energy tersendiri bagi keberlangsungan edukasi dan eksistensi KNPI diseluruh tanah Papua.

Harus ada program kerja DPP KNPI melalui bidang – bidang yang diarahkan kepada kepentingan pemuda dan rakyat Papua. Ini sebuah pergumulan dan kerinduan  besar kami sebagai pengurus DPP KNPI periode ini.

Terakhir sebagai mantan Sekjend KNPI Papua Barat, berharap agar DPD KNPI Papua Barat yang dinahkodai oleh bung Dr. Sammy DJ Saiba dan Sekjend bung Samsudin Seknun segera dilantik.

Supaya dapat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua Barat, dalam upaya peningkatan pembangunan di semua aspek secara khusus pembinaan generasi muda Papua Barat. [free]