Dua Personil Polres Puncak Jaya Ditemukan

1173
Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH dan ibu saat memberikan penguatan kepada keluarga Almarhum Bripka Anumerta Sinton R.O.Kbarek, usai pemakaman, Selasa (3/7/2018)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Setelah melakukan pencarian beberapa hari, dua personil Polres Puncak Jaya yang hilang setelah dihadang dan ditembaki Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat melintasi sungai mamberamo, Rabu (27/6/2018), berhasil ditemukan, dalam kondisi tewas.

Kedua personil tersebut, masing-masing Ipda Jesayas H . Nusi dan Brigpol Sinton Kabarek yang hilang saat dihadang dan ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  sepulang dari pengamanan proses pemungutan suara Pilkada Gubernur Papua, di Distrik Torere, Kabupaten Puncak Jaya.

Tim evakuasi dari Polda Papua saat menjemput jenazah Alm. Brigka Anumerta Sinton R.O. Kabarek di Bandara Sentani, Senin (2/7/2018) siang.

“Tadi jenazah Almarhum Bripka Anumerta Sinton R.O.Kbarek sudah kita makamkan,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH saat mengawali acara refleksi semester I Tahun 2018 Kapolda Papua, di Aula Rastra Samara Polda Papua, Selasa (3/7/2018).

Untuk jenazah Ipda Jesayas H . Nusi, saat ini masih dalam upaya evakuasi dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) menuju Distrik Dabra, Kabupaten Mamberamo Raya.

Diharapkan, Hari Rabu (4/7/2018), jenazah sudah tiba di Distrik Dabra dan akan dilanjutkan untuk diterbangkan ke Jayapura.

Alm. Brigka Anumerta Sinton R.O.Kbarek, telah dievakuasi  dari Distrik Dabra, ke Jayapura, dan tiba di Bandara Sentani menggunakan pesawat Pilatus Poter PC 6 PK – UJC,Senin (2/7/2018) siang.

“Alm. Sinton Kabarek meninggal saat menjalankan tugas negara, sehingga pada siang ini kami seluruh jajaran Polres Jayapura memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah almarhum,” ungkap Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH., S.IK., MH., M.SI saat melakukan penjemputan di Bandara Sentani.

Lanjutnya, hal itu diharapkan juga dapat menguatkan keluarga korban yang ditinggalkan, dan dirinya beserta seluruh jajaran juga turut berduka.

Dan hari Selasa (03/7/2018) sekitar pukul 09.00 WIT, telah dilaksanakan upacara pelepasan Bripka Anumerta Sinton R.O. Kbarek yang dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH.

Dalam upacara pelepasan tersebut juga di Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny Ira Boy Rafli Amar MH, Wakapolda Papua, Brigjen Pol Drs Yakobus Marjuki, para pejabat utama Polda Papua dan Ketua Bhayangkari Daerah Papua bersama pengurus.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda atas nama pemerintah dan pimpinan Polri mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum.

“Mari kita panjatkan doa kehadirat Tuhan YME semoga segala dosa almarhum dapat diampuni dan amal bakti diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Kepada keluarga almarmum kami harap dapat menerima kepergian almarhum dengan tabah dan penuh ikhlas,” ujar Kapolda.

Pemakaman Almarhum Bripka Anumerta Sinton R.O. Kbarek, dilaksanakan dengan upacara kedinasan (militer) di Pekuburan Umum Kampung Biak, Abe Pantai.

Upacara kebesaran tersebut, kata Kapolda, dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, darma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya.[yat/tyi]