Ini Imbauan Bupati Deiyai kepada Seluruh ASN, Lembaga Pemerintahan, Masyarakat dan Mahasiswa Deiyai

0
170
Bupati Deiyai, Ateng Edoway, S,Pd.K
Bupati Deiyai, Ateng Edoway, S,Pd.K

DEIYAI, PapuaSatu.com – Bupati Deiyai, Ateng Edoway, S,Pd.K  mengeluarkan imbauan kepada seluruh Birokrasi Pemerintah, seluruh lapisan masyarakat di kabupaten tersebut dengan NO : 420/370/  BUP/DEIYAI2019.

Imbauan ini disampaikan langsung Bupati Deiyai usai situasi kondusif pasca terjadi aksi demostrasi pasca terjadinya masalah rasis kepada mahasiswa Papua di Surabaya dan Semangara beberapa waktu lalu.

Akhirnya peristiwa tersebut membuat situasi di beberapa daerah di Papua terjadi tindakan anarkhis, termasuk kabupaten Deiyai. Situasi tersebut membuat pemerintah harus ambil alih dengan mengamankan situasi agar daerahnya tetap kondusif.

Dengan situasi aman dan kondusifi di kabupaten Deiyai ini, maka Ateng Edowai selaku pimpinan daerah mengeluarkan imbauan agar tetap kembali berkatifitas seperti biasanya.

Imbauan tersebut yakni, pertama, seluruh masyarakat pribumi dan masyarakat pendatang untuk bertqwa kepada Tuhan yang Maha Esa untuk melakukan aktifitas seperti biasa.

Kedua, kepada seluruh ASN melakukan aktifitas kantor seperti biasa., ketiga, kepada seluruh kepala Sekolah SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi yang ada di kabupaten Deiyai agar melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa.

Keempat, kepada kepala Puskesmas, Pustu dan Posyandu melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat seperti biasa., mengimbau kepada seluruh mahasiswa/I asal kabupaten Deiyai untuk tidak terprovokasi terhadpa isu-isus eksouds dan seluruhJawa-Bali, Sulawesi dan Ambon dengan tetap melanjutkan perkuliahan di tempat semula sebagaimana biasanya sampai dengan selesai.

Ke enam, tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh mahasiswa/I yang pulang ke Papua dapat di tampung dan langsung melanjutkan perkuliahaan di perguruan tinggi di Papua, akibatnya dapat menggnggu perkuliahaan selanjutnya.

Ke tujuh,   Pemerintah kabupaten Deiyai tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa/I yang pulang ke Papua maupun kembali ke tempat semula sehubungan dengan permasalahan di maksud dan akan diberikan kepada mahasiswa/I di Kota studi masing-masing.

Ke delapan, Pemerintah kabupaten Deiyai melalui Dinas Pendidikan hanya menyediakan dana akhir studi dan akan diberikan kepada mahasiswa/I di Kota studi masing-masing.

Sembilan, Pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan saudara/I di tempat Kota study masing-masing dan apabila ada hal-hal yang mengintimidasi saudara/I dalam proses perkuliahan selanjutnya maupun aktifitas lainnya sebagaimana biasanya, agar supaya segera melaporkannya kepada Pemerintah Daerah serta kepada pihak berwajib setempat. [douw/loy]