Ramses Ohee Keberatan Atas Pemberian Nama Tempat Wilayah Tanah Tabi Oleh DPR Papua

0
225

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Ramses Ohee selaku masyarakat adat menyampaikan penolakan dan rasa keberatan tentang atas pemberian nama yang diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRP) Papua di berbagai tempat pada wilayah tanah Tabi.

“Tidak ada yang berhak memberikan nama pada tempat yang ada di wilayah tanah Tabi kecuali anak-anak adat tanah Tabi itu sendiri,” tegas saat melakukan Jumpa Pers di para-para adat di Waena, Jum’at (28/6/2019) pagi.

Ia kecewa karena dalam pengusulan nama yang dilakukan oleh DPRP Papua, tidak melibatkan masyarakat adat. “Ini adalah wilayah kami masyarakat adat, harus libatkan kami juga dalam pembangunan dan pemberian nama. Kesannya tergesa-gesa dan sepihak tanpa hormati pemilik hak ulayat setempat,” ucapnya.

Maka hari ini, ia beserta masyarakat adat akan segera melakukan rapat untuk membahas hal tersebut. “Kami akan duduk dan mendiskusikan tentang hal ini, karena kami menolak dengan tegas pemberian nama-nama yang muncul tidak memberikan pelestarian sejarah peninggalan-peninggalan pejuang-pejuang Papua yang berasal dari tanah Tabu untuk RI,” katanya.

Ia harapkan kepada seluruh masyarakat yang mendiami tanah ini, harus memahami dan dapat menghargai Adat istiadat yang berlaku di negri ini terlebih khusus Tanah Tabi. [ayu]