Tingkatkan Ekonomi, Pemprov Papua Latih Keterampilan Produksi Handycraft Untuk Masyarakat

0
181
Asisten II Setda Kabupaten Keerom, Drs. Edy Y. Buntan saat berfoto bersama panitia dan peserta pelatihan keterampilan handycraft dan souvenir bagi OAP di Kabupaten Keerom Tahun 2019

KEEROM, PapuaSatu.com – Pemerintah Provinsi Papua menggelar pelatihan keterampilan handycraft dan souvenir bagi masyarakat Orang Asli Papua (OAP) di Kabupaten Keerom Tahun 2019.

Pelatihan yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Papua tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan OAP.

Asisten II Setda Kabupaten Keerom, Drs. Edy Y. Buntan mengharapkan, agar masyarakat dapat memahami dengan baik selama pelatihan berlangsung, agar dapat bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

“Dalam pelatihan ini semua berbahan lokal yang ada di Kabupaten Keerom, tetapi bahan tersebut belum dimanfaatkan secara baik, padahal bahan yang ada sangat banyak,” katanya.

Tahun sebelumnya, ungkap Edy, masyarakat Papua telah membuat kerajinan tangan, seperti pembuatan kerajinan dari tempurung kelapa, pembuatan kursi dari akar kayu, pembuatan kursi rotan dan lain sebagainya.

“Pelatihan ini salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat Papua, agar masyarakat Papua sebagai tuan tumah di negeri sendiri, jangan sampai menjadi penonton. Akan tetapi menjadi pelaku usaha dengan berbagai kemampuan yang dimiliki,” kata Edy saat membuka pelatihan produksi handycraft dan souvenir bagi masyarakat Papua di Aula Kantor Bupati Keerom, Jumat (6/12).

Menurut Edy, hasil kerajinan masyarakat dapat dipasarkan saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua mendatang.

“Semua itu untuk meningkatan usaha kerja kecil menegah dan penguatan ekonomi produktif UKM. Tentunya pelatihan ini akan bemuara pada peningkatan pendapatan keluarga dan akan menunjang pembangunan yang ada di kampung- kampung,” ujarnya.[alv]