70 Lebih Pejabat Eselon III dan IV Ikut Diklat PIM III dan IV

0
62
Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius Demetouw saat memasang tanda peserta Diklat PIM III dan IV kepada perwakilan peserta diklat di Hotel Horex Sentani, Senin (26/8/2019) siang.
Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius Demetouw saat memasang tanda peserta Diklat PIM III dan IV kepada perwakilan peserta diklat di Hotel Horex Sentani, Senin (26/8/2019) siang.

SENTANI, PapuaSatu.com – Lebih 70 orang pejabat eselon III dan IV mengikuti Diklat PIM III dan IV yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua.

Pada kegiatan tersebut, juga diikuti oleh sejumlah peserta dari beberapa kabupaten dari wilayah pegunungan tengah Papua, Kabupaten Keerom dan pejabat provinsi.

“Tahun ini kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua melaksanakan diklat PIM tingkat III dan IV, dan untuk peserta yang mengikuti kegiatan diklat PIM  sebanyak 70an orang lebih, yang  terdiri dari dua kelas PIM IV dan  satu kelas PIM III,” ucap Kepala BKD Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar kepada wartawan di Hotel Horex Sentani, Senin (26/8/2019) siang.

Dirinya berhara dari diklat ini sesuai dengan kurikulum yang ada bahwa, bagaimana setiap peserta ini bisa menjadi motivator,  secara khusus dalam beberapa proyek proyek perubahan yang nanti dijadikan sebagai tugas pokok para pejabat eselon III dan IV itu  dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ASN di OPD masing-masing.

Lanjutnya, kegiatan ini secara khusus lebih banyak mengarah sesuai dengan kurikulum yang  baru dan harus wajib diikutkan oleh seluruh peserta, dan dalam proses pembelajaran juga ada beberapa prosedur yang wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta diklat.

“Kalau tidak mengikuti diklat dengan baik atau tidak aktif mengikuti dengan baik, berarti pada prinsipnya dalam hasil penilaian  terakhir pasti ada yang tidak lulus,” ungkap Alex.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius Demetouw menekankan kepada peserta agar dalam menduduki jabatan, harus memiliki inovasi, kreativitas.

“Semua itu harus dimiliki oleh setiap ASN sebagai agen perubahan di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Menurutnya, setiap jenjang ASN harus mengikuti Diklat tersebut, karena ada muatan pelajaran yang akan membentuk wawasananya, baik dalam bentuk keterampilannya maupun pengetahuan untuk bagaimana setiap ASN bisa berkreasi, berinovasi dalam lingkup tugas dan jabatan yang dipercayakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Ini yang menjadi harapan kami, supaya setiap pejabat yang menduduki eselon III dan IV wajib mengikuti diklat ini dengan baik, Karena maksut Dan tujuan dari semua ini demi kemajuan daerah ini,” pungkasnya.[tinus]