Antisipasi Penyelengaraan Barang Ilegal, Satgas TNI dan Polri Perketat Pengawasan Keluar Masuknya Barang di Bandara

0
63
Dansatgas Pamrahwan Paskas, Letkol Jhoni Imanuel dan Kapolsek Bandara Sentani, Bahar ketika memberikan keterangan kepada wartawan di Sentani, Senin (26/8/2019)
Dansatgas Pamrahwan Paskas, Letkol Jhoni Imanuel dan Kapolsek Bandara Sentani, Bahar ketika memberikan keterangan kepada wartawan di Sentani, Senin (26/8/2019)

SENTANI, PapuaSatu.com – Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Paskas  bersama pihak Kepolisian Resort Jayapura terus melakukan pengawasan super ketat terhadap lalulintas peredaran atau pengiriman barang, baik masuk maupun keluar di Bandara Sentani.

“Bersama pihak kepolisian kami solid bekerjasama melakukan pengawasan terhadap keluar masuknya barang kiriman melalui Bandara Sentani,” ucap Dansatgas Pamrahwan Paskas, Letkol Jhoni Imanuel saat ditemui wartawan di Polsek Sentani, Senin (26/8/2019) siang.

Ia mengatakan, dari hasil pengawasannya selama ini, ada sejumlah barang-barang terlarang yang berhasil diamankan petugas saat hendak dilalulintaskan ke beberapa daerah pegunugan.

“Jadi barangnya itu seperti parang atau samurai dalam jumlah yang banyak dan tanpa dokumen resmi, miras, fermipan kue juga kami sita,” Ungkapnya.

Ditegaskan, bahwa tidak ada satupun barang haram tersebut lolos dari pengawasan pihaknya.

“Oleh sebab itu, sekarang barang-barang yang transit saja kita periksa, karena ada kasus sebelumnya miras diselundup dari Jakarta dan hendak dikirim ke Wamena, tapi kami gagalkan,” tandasnya.

Untuk urusan hukum mengenai barang sitaan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan pihak kepolisian di Polsek Bandara Sentani untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Sementara itu, Kapolsek Bandara Sentani, Bahar mengatakan, barang barang bukti sitaan itu sudah diamankan di pos khsusus yang sudah disepakati oleh seluruh stakeholder yang ada di Bandara.

Lanjutnya, ada beberapa barang sitaan seperti  peluru sudah dilakukan upaya penyelidikan untuk mengungkapkan kepemilikan dan motivnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat pengguna jasa penerbangan untuk tidak lagi melakukan upaya penyelundupan barang-barang terlarang tanpa disertai dokumen sebagai mana ketentuannya.

“Kami pastikan akan selalu mengecek dan memeriksa barang bawaan atau kiriman  dengan menggunakan X-ray, sehingga kami pastikan tidak akan bisa lolos dari pengawasan kami,” pungkasnya.[tinus]