Bantu Bumdes, BPMK Kabupaten Jayapura Latih 22 Bumdes Gunakan Aplikasi Akuntabilitas

0
147

SENTANI, PapuaSatu.com – Guna membantu Badan Usaha Milik Desa/Kampung (Bumdes/Bumkam) yang ada di Kabupaten Jayapura, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura melatih 22 pengurus Bumdes/Bumkam tentang manajemen keuangan.
Pelatihan yang digelar di Hotel Horex Sentani, diagendakan berlangung tiga hari (19-21 Februari 2020), dengan mendatangkan narasumber dari BPKP Pusat dan BPKP Provinsi Papua.
Kepala DPMK Elisa Yarusabra saat sitemui wartawan usai pembukaan pelatihan mengingkapkan bahwa pihaknya melatih manajemen keuangan kepada pengurus Bumdes.
“Bagaimana penatausahaannya, bagaimana administrasinya, bagaimana akuntansi pembukuannya,” ungkapnya.
Dikatakan, pihaknya menghadirkan BPKP sebagai narasumber, karena BPKP memiliki aplikasi keuangan yang bisa diberikan dan kemudian dipakai dalam manajemen keuangan Bumdes.
Sementata itu, narasumber dari BPKP Pusat, Wadarwanto memyampaikan bahwa pihaknya memiliki format aplikasi yang sangat sederhana, sehingga bisa dibaca oleh semua kalangan.
Widarwanto yang merupakan auditor madya dari Direktorat Pengawasan BLUD, BUMD dan Bumdes BPKP Pusat tersebut mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi tersebut merupakan yang pertama kali diberikan untuk Bumdes/Bumkam di seluruh Papua.
“Di Sumatera Barat sudah, di Palembang, di beberapa daerah di Jawa dan di Sulawesi sudah. Dan di Papua ini merupakan yang pertama,” ungkapnya.[yat]