Bupati Jayapura Minta Kualitas Atlet Muathai Bisa Imbangi Kualitas Fasilitas Yang Ada

Pengcab Olahraga Muaythai Kabupaten Jayapura saat berfoto bersama salah satu Pengda Muaythai Provinsi Papua, Daud Ngabalin usai pelantikan di Hotel Horex Sentani, Rabu (22/7/20)
Pengcab Olahraga Muaythai Kabupaten Jayapura saat berfoto bersama salah satu Pengda Muaythai Provinsi Papua, Daud Ngabalin usai pelantikan di Hotel Horex Sentani, Rabu (22/7/20)

SENTANI, PapuaSatu.com – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang juga selaku Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura, pada pelantikan Pengurus Cabang (Pengcab) Olahraga Muaythai Kabupaten Jayapura, juga mendapat jabatan sebagai penasehat sekaligus pembina.

Sementara, untuk menjalankan roda organisasi sehari-hari, ditunjuk Isak Hikoyabi sebagai ketua Pengcab.

Dalam arahannya usai pelantikan Pengcab Olahraga Muaythai Kabupaten Jayapura Periode 2020-2024, di Hotel Horex, Rabu (22/07/20), Mathius Awoitauw mengungkapkan bahwa saat ini hampir semua cabang olahraga memiliki fasilitas berkelas internasional, yang dibangun untuk penyelenggaraan PON XX mendatang.

Karena itu, ia meminta para atlet agar berlatih terus dengan baik, sehingga bisa memiliki kelas yang seimbang dengan fasilitas yang dimiliki.

“Karena kalau tidak, nanti justru fasilitasnya yang rusak,” ungkapnya.

Kata Mathius Awoitauw, untuk mendapatkan fasilitas itu yang cukup sulit.

Pengurus Pengda Muaythai Provinsi Papua yang datang melantik, Drs. Daud Ngabalin, M.Si, mengungkapkan bahwa olahraga muaythai merupakan salah satu cabang olahraga di PON mendatang yang keberadaannya di Papua masih muda, yakni baru sekitar tiga tahun.

“Ini cabang olahtaga yang masih muda, mudah-mudahan bisa meraih prestasi di masa mendatang,” ungkapnya.

Pengda sendiri, kata Daud Ngabalin, sedang mempersiapkan atlet olahraga muaythai Papua untuk PON mendatang dengan pemusatan latihan di Kabupaten Malang.

“Mengapa di Malang, karena di sana ada tempat yang kadar oksigennya tipis, sehingga pada saat atlet kita bertanding di daerah berudara tipis juga bisa tampil maksimal,” jelasnya.[yat]