Cikal Bakal Kader KB Bangkitkan Pendataan di 133 Kampung kabupaten Jayapura

593
kader KB se-Kabupaten Jayapura
Caption : Kadis P2KB Kabupaten Jayapura, Derek Timotius Wouw, ketika memberikan arahan kepada kader KB, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Senin (23/7/2018) siang. Foto : Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com

SENTANI, PapuaSatu.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Jayapura terus melakukan pertemuan dengan para kader KB se-Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Senin (23/7/2018) siang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Jayapura, Derek Timotius Wouw mengatakan, data keluarag di Kabupaten Jayapura sangat dibutuhkan. Sebab data resmi mengenai keluarga belum dimilki secara valid oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Jumlah keluarga dan penduduk di daerah ini dari waktu ke waktu terus menjadi sesuatu yang selalu digumuli sebab, sejumlah dinas terkait selalu menampilkan jumlah penduduk dan keluarga yang berbeda,” ujar Derek kepada disela-sela pertemuan.

Derek menyebutkan kader KB menjadi cikal-bakal untuk membangkitkan pendataan mengenai keluarga-keluarga di 133 kampung dari 19 distrik Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap supaya semua ibu-ibu kader KB yang hari ini mengikuti temu kader setelah pulang ke kampung-masing dapat melakukan apa yang di terima dan diarahkan untuk di lakukan oleh seoranag kader KB guna mendapat data yang akurat,” pungkas

Dikatakannya semua pendataan ditingkat kabupaten dapat dilakukan berdasarkan upaya tyang dilakukan para kader dibawah. Data tersebut diferivikasi ulang untuk ditetapkan sebagai suatu jumlah pasti tentang keluarga di daerah.

“Setalah kami tetapkan data valid maka seterusnya dapat digunakan atau disingkronkan dengan data dari sejumlah OPD seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pusat Statistik (BPS0dan KPU Kabupaten Jayapura,” ungkapnya. [tyi/loy]