Distan TPH Serahkan Dua Unit Hansprayer Elektrik Untuk Distrik Yapsi

0
16
Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri saat menyerahkan bantuan Hansprayer kepada Kepala Distrik Yapsi
Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri saat menyerahkan bantuan Hansprayer kepada Kepala Distrik Yapsi

SENTANI, PapuaSatu.com – Sebagai salah satu penanganan dampak Covid-19, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distan TPH) Kabupaten Jayapura  menyerahkan dua unit hand sprayer untuk masyarakat di Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura.

Penyerahan dua unit Hansprayer tersebut secara langsung dilakukan oleh Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, bersamaan dengan penyerahan dana Alokasi Dana Kampung ( ADK) dan sembako oleh Pemerintah Daerah sebagai bekal ketahanan pangan bagi masyarakat di Distrik  Yapsi, Unurumguay, Kaureh, dan Gresi Selatan, di kampung Ongan Jaya, Distrik Yapsi, Rabu (20/5/2020).

Kepala Distan TPH Kabupaten Jayapura, David Zakaria Kondobua mengatakan, dua unit Hansprayer tersebut bantuan Dirjen Prasarana Pertanian kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam masa pandemi covid-19 ini.

David menjelaskan,  Hansprayer tersebut menggunakan tenaga elektrik, sehingga penggunaannya lebih mudah dibandingkan cara manual.

“Tim penanganan covid di Yapsi bisa memanfaatkan fasilitas ini (hand sprayer) untuk penyemprotan disinfektan, sementara untuk balai penyuluh pertanian dapat digunakan untuk penyemprotan pestisida maupun kepentingan petani yang lain,” jelasnya.

Menurutnya, bantuan serupa akan diberikan juga kepada 18 distrik lainnya di Kabupaten Jayapura.

Dirinya berharap agar fasilitas yang diberikan saat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat secara luas tetapi juga pengembangan pertanian di Distrik Yapsi.

Sementara itu, Kepala BPP Yapsi, Kanisius Mantul mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih dengan bantuan satu unit Hansprayer yang telah diberikan oleh Distan TPH Kabupaten Jayapura.

“Fasilitas penunjang seperti ini merupakan kebutuhan para petani dalam mengerjakan lahan pertanian mereka, sehingga pada kesempatan ini kami mengapresiasi sekali bantuan yang yang sudah diberikan,” pungkasnya.[yat]