Dukung Kongres Aman, Kapolres Jayapura Gelar Diskusi Kamtibmas

34

SENTANI, PapuaSatu.com –Menjelang Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI yang digelar Bulan Oktober 2022 di Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah, berbagai persiapan telah dilakukan, tak terkecuali Bidang Keamanan yang menjadi salah satu bagian terpenting dari iven tersebut.

Guna mengintensifkan dan memastikan situasi keamanan dalam pagelaran Kongres AMAN tersebut, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH mengajak para tokoh di tingkat kampung dan distrik untuk berdiskusi tentang permasalahan Kamtibmas di kampung masing-masing, di Cafe Alegro.Id, Rabu (27/07).

Dalam diskusi tersebut dihadiri Kadistrik Waibu Jenny S. Deda, S.STP., M.KP., Kadistrik Sentani Barat Yance Samonsabra, SH., Sekdis Waibu Frans A. Yoku., dan sejumlah Kepala Kampung.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH menyampaikan, rapat tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persiapan dalam pelaksanaan kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Kabupaten Jayapura.

“Pertemuan ini sengaja saya buat lebih awal yang tujuannya kami pihak keamanan untuk mengetahui sudah sejauh mana persiapan-persiapan yang dilakukan oleh pihak pemerintah dalam hal ini Distrik dan kampung,” ucapnya.

Dijelaskan, terkait masalah keamanan yang terjadi melalui beberapa faktor yaitu faktor manusia faktor alam dan faktor lain seperti binatang ternak yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

“Oleh karena itu kami meminta agar masing-masing Distrik dan Kampung melalui Kadistrik dan Kepala Kampung agar bisa mengakomodir itu semua dan apabila ada hambatan segera di kordinasikan berjenjang baik secara lisan atau tertulis,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kadistrik Sentani Barat menambahkan, Pemerintah Kabupaten  Jayapura sudah memerintahkan kepala distrik untuk mendata rumah atau fasilitas umum yang dijadikan tempat untuk menginap para peserta kongres.

“Untuk terkait situasi Kamtibmas, kami Distrik Sentani Barat siap mendukung dan menjaga keamanan para peserta Kongres,” tambahnya.

Selain itu, Sekdis Waibu Bpk. Frans A. Yoku menyampaikan kesiapan Distrik Waibu yang sudah dilaksanakan dari bulan Mei, dengan mendatakan fasilitas umum dan rumah warga untuk menampung peserta Kongres.

“Untuk terkait Situasi Kamtibmas, Kami dari Pihak Distrik sudah berusaha agar segera dibentuk Pos Pol di Wilayah Distrik Waibu,” katanya.[yat]