Hadapi Pileg 2019, Kesbangpol Kabupaten Jayapura Gelar Forum Diskusi Politik

1503

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Forum Diskusi-diskusi Politik bersama para Calon Anggota Legislatif (Caleg) di Hotel Horex Sentani, Rabu (17/10/2018) pagi.

Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro menyatakan, pihaknya menyambut positif atas pelaksanaan forum diskusi politik ini, terlebih menjelang menyongsong Pemilu 2019 baik itu Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Kegiatan seperti ini sangat penting karena melibatkan antara pemerintah dengan Forkompimda, kemudian juga penyelenggara maupun peserta pemilu tahun 2019,” kata Giri saat membuka kegiatan didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Sefried Depondoiye dengan pemateri dari KPU Kabupaten Jayapura dan juga dari Bawaslu Kabupaten Jayapura.

Ia berharap jika ada terjadi selisih pandangan bisa segera di koordinasikan dan hal itu harus dilakukan dari sekarang agar persoalan kecil tidak sampai pada konflik hingga mengakibatkan jatuh korban.

“ kita harus meminimalkan persoalan agar tidak sampai terjadi konflik, dan bagaimana kebersamaan ini harus dibangun mulai dari sekarang ini. Serta jangan sampai terjadi satu ego-ego identitas yang pada akhrinya merugikan Kabupaten Jayapura itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, semua pihak harus berusaha untuk bagaimana dari proses demokrasi yang akan terjadi kedepan ini bisa menjadi lebih baik lagi.

“Jadi, pemimpin-pemimpin yang terpilih nanti adalah pemimpin-pemimpin yang terbaik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun pusat. Nah, kalau kita tidak mengawali dari sekarang ini, kita tunggu kapan. Saya pikir saat sekarang ini waktu yang tepat untuk lakukan diskusi secara bersama-sama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Sefried Depondoiye menyampaikan, kegiatan forum diskusi politik ini merupakan kegiatan pembinaan yang rutin dilakukan pihaknya kepada peserta pemilu, tujuannya untuk memotivasi, forum koordinasi, konsultasi serta menjalin silaturrahmi antar peserta pemilu dalam hal ini para Caleg.

“Jadi, kegiatan ini sesuai dengan program kegiatan di Badan Kesbangpol dan sudah ada di dalam DPA tahun anggaran 2018. Kemudian para pesertanya dari caleg peserta pemilu 2019 dan pematerinya dari KPU maupun Bawaslu Kabupaten Jayapura,” pungkasnya. [tyi/loy]