Kader Gercin Kabupaten Jayapura Diminta Tidak Terlibat Politik Praktis

Ketua Umum Gercin Pusat, Hendrik Y. Udam, bersama dewan penasehat dan tokoh adat saat foto bersama pengurus DPC Gercin Kabupaten Jayapura usai pelantikan, Selasa (15/12/20)
Ketua Umum Gercin Pusat, Hendrik Y. Udam, bersama dewan penasehat dan tokoh adat saat foto bersama pengurus DPC Gercin Kabupaten Jayapura usai pelantikan, Selasa (15/12/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Ketua Umum Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) Pusat, Hendrik Yance Udam menekankan kepada para kader Gercin untuk tidak terlibat politik praktis.

“Banyak tokoh yang terbelit masalah rumit akibat terlibat politik praktis,” ungkapnya dalam arahannya pada pelantikan DPC Gercin Kabupaten Jayapura di Hotel Suni Garden Lake Sentani, Selasa (15/12/20)

Sehingga, pria asal Grimenawa yangbakrab disapa Bung HYU tersebut berpesan kepada para kader Gercin untuk lebih fokus pada isu-isu terkait kesejahteraan masyarakat.

“Gercin fokun main di isu kesejahteraan, seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga,” ujarnya.

Saat ditemui wartawan usai pelantikan, HYU mengungkapkan bahwa tugas generasi muda saat ini adalah mengisi kemerdekaan denvan cara-cara yang kreatif.

“Akhiri penderitaan orang Papua dengan cara-cara yang baik,” ungkapnya.

Pelantikan Yopi Yolanda Suebu selaku ketua bersama pengurus DPC Gercin Kabupaten Jayapura yang lain, kata HYU sebagai langkah konsolidasi organisasi, setelah beberapa waktu lalu ia melantik pengurud DPD Gercin Provinsi Papua.

Pada pelantikan tersebut tampak dihadiri Ketua Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat, Prof. James Modow, Ketua Dewan Pembina Gercin Pusat dan Gercin Provinsi Papua, dr. Jhon Manangsang dan Ketua Dewan Pembina Gercin Kabupaten Jayapura, Wagus Hidayat.

Dalam kesempatan menyaksikan pelantikan tersebut, HYU juga mendapat kehormatan berupa pengenaan mahkota dan pengalungan noken oleh pimpinan Barisan Merah Putih Papua dan tokoh adat Dewan Adat Suku Sentani.

Ketua Pembina Gercin Pusat, dr. Jhon Manangsang saat ditemui usai pelantikan mengungkapkan bahwa pembentukan DPD dan DPC Gercin menjadi sebuah harapan, agar visi dan misi Gercin bisa merata di seluruh Indonesia.

Dikatakan, untuk mendukung suksesnya Gercin, diperlukan penguatan, doa dan penyertaan para tokoh adat.

“Apalagi di Kabupaten Jayapura, saat ini Bupati Jayapura gencar melakukan pembangunan dari kampung, terutama kampung adat,” jelasnya.[yat]