Kampung Asei Besar Beri Sepenuhnya Kepada Kelompok Tani Untuk Mengembangkan Potensi Alam Yang Dimiliki

214
Kepala Kampung Asei Besar, Antoneta ohee saat menerima bantuan dana ketahanan pangan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura
Kepala Kampung Asei Besar, Antoneta ohee saat menerima bantuan dana ketahanan pangan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura

SENTANI, PapuaSatu.com – Kepala Kampung Asei Besar, Distrik Sentani Timur, Antoneta Ohee mengatakan, pihaknya telah membentuk kelompok tani berdasarkan suku/keret yang tinggal di kampung tersebut.

“Ada sepuluh kelompok yang dibentuk berdasarkan suku atau keret di kampung. Jumlahnya juga berfariasi,” jelas Antoneta saat ditemui di Kampung Harapan Distrik Sentani. Jumat (15/5/2020).

Dikatakan, dari kelompok tani yang dibentuk, akan kembali mengelola dusun dan kebun mereka masing-masing.

Awalnya pihaknya mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan bantuan mesin parutan sagu dan jaring, karena potensi yang dimiliki saat ini adalah hutan sagu dan Danau Sentani.

“Dengan alokasi dana kampung sebagai program ketahanan pangan yang diberikan pemerintah, akan diberikan sepenuhnya kepada kelompok tani untuk mengembangkan potensi alam yang dimiliki dalam masa penanganan covid-19 ini,” ujarya.

Menurutnya, hibauan Pemerintah untuk kembali ke Kampung dan mengelolah sumber daya alam yang dimiliki di masing-masing Kampung sangat tepat, selain mewabah, covid 19 juga memberikan dampak postif bagi warga masyarakat yang harus tinggal di rumah, kembali ke kebun, tetapi juga ada banyak waktu yang dimanfaatkan bersama keluarga.

“ Masyarakat kampung terlihat sangat responsif dengan segala sesuatu, saling mengingatkan, membantu dan juga secara bersama menjaga kondisi dan lingkungan kampung dari pengaruh banhkan gangguan orang diluar kampung,” katanya.

Antoneta, dalam menjalankan semua sistem Pemerintahan di Kampung, banyak meminta pertimbangan bersama para tua-tua Kampung tetapi juga Pemerintah Distrik sebagai garis koordinasi Pemerintahan terkecil di Kampung.

“ Sebagai ibu ruma tangga tetapi juga mengurus pemerintahan kampung agar berjalan dengan baik, semua hal dibicarakan secara bersama dan terbuka. Dalam hal bantuan saat ini kita sepakat untuk memberi bagi mereka yang benar-benar membutuhkan,” ucapnya.[yat]