Lantik 203 Kepala Sekolah, Bupati Jayapura Tekankan Kelas 3 dan 4 Harus Bisa Calistung

0
112
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat melantik 203 kepala sekolah di Aula Lantai ll Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Jumat (11/10/2019) pagi. (Foto : Ist)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat melantik 203 kepala sekolah di Aula Lantai ll Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Jumat (11/10/2019) pagi. (Foto : Ist)

SENTANI, PapuaSatu.com– Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,  resmi melantik 203 kepala sekolah di Aula Lantai ll Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Jumat (11/10/2019) pagi.

“Iya tadi 203 yang kita lantik, dan pada kesempatan itu kita sudah sampaikan bahwa untuk Sekolah Dasar (SD) itu minimal kelas tiga dan empat itu wajib bisa baca, menulis dan berhitung (Calistung), karena dengan demikian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bisa lebih bagus,” ucap Bupati Mathius usai pelantikan.

Selain itu bupati juga meminta agar gizi anak-anak harus diperhatikan. Oleh karenanya, pihak sekolah perlu melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.

“Tadi kita sudah sarankan bahwa gizi anak ini perlu diperhatikan, oleh karenanya maka tadi kami sudah sarankan bahwa pihak sekolah bisa melakukan kerjasama dengan ibu-ibu PKK  atau ibu di kampung setempat, agar di sekolah itu ada PMT-AS (Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah),” ujarnya.

Lanjutnya, untuk memperbaiki mutu pendidikan, tentu perlu ada  kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah dan masyarakat adat.

Mathius dengan tegas meminta kepada kepala sekolah harus siap bertanggungjawab memastikan bahwa di sekolahnya tidak boleh ada masalah-masalah sosial yang terjadi di sekolah  seperti miras, narkotika dan putus sekolah.

“Jadi kalau ada masalah itu harus dibicarakan atau diperbaiki dengan cepat dengan semua pihak, oleh karenanya kita dorong sistim data  yang akurat supaya kita bisa pantau terus anak-anak semua tentang kenapa mereka tidak sekolah dan lain sebagainya,” pungkasnya.[tinus]