Layanan Puskesmas Sentani Resmi Pindah Ke Jalan Kemiri

0
99
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menandatangani prasasti saat meresmikan Puskesmas Sentani di Jalan Kemiri, Selasa (28/01/20)

SENTANI, PapuaSatu.com – Terkait dengan pengembangan kawasan Bandara Sentani, salah satu yang terdampak adalah Puskesmas Sentani, yang selama ini melakukan.pelayanan di area depan Bandara Sentani, pindah ke Jalan Kemiri, tepatnya depan kompleks AURI.

Yakni di gedung baru berlantai dua, yang dari Jalan Raya tampak dengan ornamen dominan warna hijau, yang operasionalnya secara resmi mulai dilakukan Hari Selasa (28/01/20), setelah diresmikan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Kata bupati meski lahannya tidak seluas Puskesmas lama, tapi berkat kreatifitas petugas-petugas Puskesmas sehingga di dalamnya tampak lebih menarik dan pelayannya bisa lebih optimal.

“Mereka bisa menata sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang sangat menarik,” ujar bupati saat ditemui usai peresmian.

Penataan ruangan dan dekorasi-dekorasi yang diberikan, kata bupati, tampak berbeda dengan Puskesmas-Puskesmas pada umumnya.

Melalui lokasi dan bangunan yang baru, bupati berharap bisa lebih banyak pelayanan yang bisa dilakukan.

“Bukan semakin banyak orang sakit datang, tetapi pelayanan yang maksimal dan semua terjamin kesehatannya,” ujar bupati.

Mengingat luas wilayah Kota Sentani, Bupati Jayapura merencanakan untuk mendirikan satu Puskesmas lagi di kawasan Kelurahan Yahim, yang tidak jauh dari pinggiran Danau Sentani.

“Puskesmas seperti ini juga, supaya masyarakat sekitar danau terlayani, dan tidak terlalu jauh untuk menjangkau layanan kesehatan,” ungkapnya.

Untuk lahan pembangunan Puskesmas di Kelurahan Yahim, kata bupati, sudah ada, dan tinggal melakukan koordinasi dengan pemilik ulayat untuk membuat pelepasan.

Sedangkan pembangunannya akan disesuaikan dengan ketersediaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengungkapkan bahwa, selain menyesuaikan kebijakan daerah, bahwa Puskesmas lama akan dijadikan ruang terbuka hijau guna menunjang aktifitas Bandara Sentani yang berubah menjadi Bandara internasional, juga tingkat kebisingan di lokasi lama yang sudah kurang baik, terutama bagi anak-anak.

Dikatakan, ada sejumlah keunggulan dari sisi pelayanan di Puskesmas Sentani, yaitu seperti layanan tes kimia darah, yang merupakan layanan standar yang ada di rumah sakit, dan sejumlah layanan canggih yang menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan.[yat]