Pemkab Jayapura Dukung BPS Penyusunan Disagregasi PTMB

402

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura menyambut baik sosialisasi survei disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Dukungan ini karena dapat memacu investasi untuk pertumbuhan dan pemerataan pembangunan ekonomi.

“Kita mendukung penuh atas terlaksananya pendataan data-data ekonomi yang dilakukan BPS. Tujuannya untuk melihat bagaimana investasi-investasi yang sementara sedang berlangsung,” kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw usai kegiatan di Hotel Grand Allison, Kota Sentani, Senin (16/4/2018).

Disisi lain, kata Bupati Awoitauw, BPS melihat bagaimana kondisi lapangan pekerjaan yang tersedia dan penyerapan lapangan pekerjaan bagi rakyat di Bumi Kenambay Umbay.

Dikatakannya, keakuratan data-data yang dimiliki BPS juga ingin melihat apakah memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Jayapura atau tidak.

“Tentu, data akurat yang dimiliki kita bisa mengetahui berapa jumlah investasi dan berapa sumber daya yang dipersiapkan. Saya pikir kondisi riil ini kita harus peroleh terlebih dahulu,” katanya.

Ia menegaskan, Pemerintah  sudah melakukan kebijakan-kebijakan untuk percepatan di bidang pendidikan, seperti pendidikan dasar yang kuat dan juga guru-guru kontrak yang sudah dilakukan.

Namun kali ini Pemerintah kabupaten Jayapura akan berupaya merencanakan program-program guna memperbaiki situasi perekonomian yang ada.

“Memang kita akui selama ini ada perubahan-perubahan, tapi kita coba lihat lebih jauh lagi bagaimana data-data yang lebih akurat. Apakah hasilnya benar-benar untuk mengurangi kemiskinan dan menyediakan lapangan pekerjaan atau sebalik tidak sama sekali,” katanya.

Bupati Awoitauw menambahkan, potensial di bidang pertanian dan jasa sangat penting, karena bisa memberikan kontribusi yang besar bagi daerah kabupaten Jayapura. [tyi/loy]