Pemkab Jayapura Lepas Robongan MTQ ke Nabire

442

SENTANI, PapuaSatu.com – Rombongan Kontingen atau kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Jayapura dilepas. Pelepasan ini berlangsung di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (27/4/2018) sore.

Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Jayapura, Hj. Ani Matdoan, S.Ag, M.M., menghimbau agar kontingen atau kafilah yang baru saja dilepas dapat menjaga nama baik daerah.

Apalagi Kabupaten Jayapura keluar sebagai juara umum pada pelaksanaan MTQ XXVI tingkat Provinsi Papua pada 2016 lalu.  Saat itu Kabupaten Jayapura keluar sebagai tuan rumah yang sekaligus mencanangkan Bumi Khenabay Umbay sebagai Zona Integritas Kerukunan Umat Beragama.

Ia berharap, mengharumkan nama daerah harus bersikap yang layak diteladani dan juga dapat mempertahankan gelar juara umum. “Saya berpesan para kafilah harus meluruskan niat mengikuti MTQ dalam rangka syiar Islam, agar segala sesuatu itu bergantung pada niat,” katanya.

Ani Matdoan  yang juga menjabat Kepala Seksie (Kasie) Pendidikan Islam pada Kantor Wilayah Kemenag Kabupaten Jayapura itu mengatakan, pihaknya dalam mempersiapkan kontingen atau kafilah MTQ Kabupaten Jayapura telah melaksanakan training center selama satu minggu.

Dikatakannya, kabupaten Jayapura yang merupakan pencanangan zona integritas kerukunan umat beragama  maka diharapkan setiap iven keagamaan selalu bernuansa kerukunan, kebersamaan dan terlihat kekompakan dari lima agama yang ada di Bumi Khenambay Umbay.

“Pelepasan ini dihadiri seluruh unsur agama baik itu Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha. Hal itu menandakan bahwa Provinsi Papua diakui sebagai urutan pertama dalam hal kerukunan umat beragama yang dicetuskan di Kabupaten Jayapura,” tukasnya.

Rombongan kafilah itu akan mengikuti MTQ XXVII tingkat Provinsi Papua tahun 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Nabire dimulai dari tanggal 2 Mei 2018 hingga 7 Mei 2018 mendatang, pelepasan MTQ dipimpin oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, DR. Timotius J. Demetouw, S.E., M.Si. [tyi/loy]