Pemkab Jayapura Pastikan Insprastuktur PON selesai Dalam Waktu Dekat

0
153

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) memastikan 6 bulan terhakir jelang POB 2020, Insprastuktur pendukung akan selesai.

“Kita sedang kosentrasi dalam 6 bulan ke depan mulai dari bulan January hingga juni itu harus menuntaskan Insprastuktur pendukung PON, terutama akses jalan ini sementara sedang di kerjakan,” ucap Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Alpius Toam kepada awak media di Sentani, Kamis (12/12/2019) siang.

Lanjutnya, ruas jalan yang di kerjakan saat ini, yaitu dari Telaga Ria, Kalkote, dan DapurĀ  sedang di kerjakan dengan dukungan dana APBN.

Kemudian dari Nendali ke Yabaso dan Yabaso ke Bandara itu juga sedang di kerjakan dengan dukungan dana dari APBD Provinsi Papua.

“Jadi kita di Kabupaten Jayapura hanya menyiapkan pembebasan lahan untuk kegiatan-kegiatan yang sedang di kerjakan,” ungkapnya.

Dikatkanya, dalam proses pembebasan lahan ini ada banyak protes dari masyarakat tapi pihaknya anggap itu hal yang biasa.

“Dalam proses pembebasan lahan itu kita perlu berhati-hati dan secara cermat melihat siapa sesungguhnya pemiliknya. Agar para pembayaan nanti tidak ada yang komplin atau tuntutan dari pihak lain di kemudia hari. Nah hal ini yang nantinya membuat proses pembayaran menjadi lama,” ujarnya.

Ia mengaku bahwa untuk pembiyayaan pembebasan lahan suda disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura.

“Kita berharap muda-mudahan dalam waktu dekat untuk semua ruas jalan yang suda di anggarkan ini bisa terselesaikan dengan baik, dalam rangka mendukung PON 2020,” harpannya.[tinus]