Peringatan Hari Air Sedunia, Pemkab Jayapura Gelar Berbagai Kegiatan

793

SENTANI PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura akan menggelar peringatan Hari Air Sedunia (HAS) tahun 2018 tingkat Kabupaten Jayapura di Sungai Itaufili, Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, pada Kamis (22/3/2018).

Dimana hari Air Dunia yang dahulu disebut Hari Air Sedunia atau World Water Day dan sering pula disebut sebagai World Day for Water merupakan hari peringatan yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat dunia internasional tentang pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi sumber daya air secara berkelanjutan.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Air Sedunia  2018, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP mengatakan, dalam acara nanti akan dihadiri dua menteri, yakni Menteri PU&PR RI Basuki Hadimuljono dan Menteri LHK RI Siti Nurbaya, serta akan dihadiri juga Pemerintah Provinsi Papua dan segenap unsur Forkompimda, tokoh adat dan masyarakat di Kabupaten Jayapura.

“Rencana penyelenggaraannya besok 22 Maret dan nanti akan diisi berbagai kegiatan mulai dari kunjungan ke beberapa program kegiatan terkait air bersih,” kata Abdul Rahma via selulernya, Rabu (21/3/2018) sore.

Selain kegiatan Air bersih juga beberapa program lainnya seperti perumahan rakyat di Kampung Asei, program perlindungan pelestarian Danau Sentani dan Cycloop, pencanangan komitmen penanaman bibit pohon sagu serta pencanangan deklarasi pelestarian Danau Sentani.

“Jadi air ini adalah elemen yang sangat penting bagi kehidupan di muka bumi ini, sehingga kita mengajak semua pihak untuk meningkatkan penghargaan terhadap air dengan tidak berlaku semena-mena terhadap air dimana pun adanya. Tidak menjadi sungai, kali dan danau sebagai tempat pembuangan limbah dan berlaku tidak boros dalam penggunaan air utamanya air Bersih,”harapnya. [tyi/loy]