Peringati HAN 2019, DPPPA Kabupaten Jayapura Gelar Lomba Pidato dan Pembawa Acara

0
112
Salah Satu Siswi SMA ketika ikut lomba pidato dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Rabu (17/7/2019) kemarin.
Salah Satu Siswi SMA ketika ikut lomba pidato dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Rabu (17/7/2019) kemarin.

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) melaksanakan lomba pidato dan pembawa acara, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (17/7/2019) kemarin.

Plt Kepala DPPPA Kabupaten Jayapura, Timothius Demetouw dalam sambutannya, menjelaskan lomba pidato dan pembawa acara ini diikuti sebanyak 27 peserta yang terdiri dari 19 peserta lomba pidato dan 8 peserta lomba pembawa acara.

Ia berharap lomba yang diselenggarakan bukan hanya untuk mencari pemenang, melainkan bertujuan untuk menggali dan juga mengasah kemampuan anak untuk tampil dihadapan publik.

“Dalam rangka itu, kami mencoba menggagas sebuah kegiatan yang mana bisa mendorong agar anak-anak bisa tumbuh dan berkembang di Kabupaten Jayapura yang sudah dicanangkan sebagai Kabupaten Layak atau Ramah Anak yang dimulai dari kampung hingga ke tingkat kabupaten,” papar Timothius Demetouw.

Timothius juga mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sudah sejalan dengan visi-misi Kabupaten Jayapura yang ingin menciptakan Jayapura yang berkualitas, sejahtera serta ramah dan berkelanjutan.

“Semua itu bisa berlangsung dan terwujud dimulai dari pendidikan anak-anak. Oleh sebab itu, dalam kegiatan itu kami lebih fokus pada anak-anak yang ada di tingkat pendidikan SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Jayapura,” tukasnya.

Selain itu, Timothius juga menambahkan, dengan adanya kegiatan ini para peserta sekira dapat mengeksplore apa yang telah mereka dapatkan di bangku sekolah lewat bimbingan para guru dan mereka bisa mengaktualisasikan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh di sekolah melalui ajang-ajang seperti ini.

“Karena kita tahu bahwa ana-anak kita ini merupakan harapan bangsa dan Negara yang kelak kemudian mereka akan menjadi orang-orang yang meneruskan kepemimpinan Negara ini, lebih khususnya di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, mereka perlu ditempa dan diberikan ruang agar mereka bisa berkreasi sejak dini guna menambah ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan mereka,” tukasnya. [mi/loy]