RSUD Yowari Butuh Perhatian Khusus Pemkab Jayapura

901

Caption Toto:  Kepala Dinas Kesehatan  Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes saat memberikan sambutan kepada peserta Raker Kabupaten Jayapura, di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Gunung Merah Sentani, Rabu (14/3/2018) siang. (Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com)

SENTANI PapuaSatu.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari Sentani yang terletak di Jl. Raya Sentani – Depapre, Doyo Baru kabupaten Jayaura, masih kekurangan system pelayanan  termasuk fasilitas penunjang.

“RSUD Yowari tidak bisa berjalan sendiri, harus ada perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Jayapura sehingga keluhan maupun penunjang fasilitas dapat diatasi secara baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes, Kamis (15/3/2018).

Menurut Giayi, Rumah Sakit Yowari melayani seluruh penyakit masyarakat di tanah Papua, khusus di kabupaten Jayapura. Namun apabila tidak didukung dengan fasilitas, tenaga, maka pelayanan akan semakin menurun.

“Kebersihan juga menjadi perhatian serius untuk dilakukan pembenahan-pembenahan.  Rumah sakit adalah tempat untuk menyembuhkan orang, namun apabila rumah sakit tidak bersih maka penyakit bisa saja bertambah,” katanya.

Kata dia, Pemerintah Provinsi Papua akan menaikan menaikkan KPS (Kartu Papua Sehat) di tahun 2018 ini untuk RSUD Youwari. Namun diharapkan kekurangan yang ada bisa diperhatikan, salah satunya  peningkatan SDM, fasilitas peralatan ruangan perlu dibenahi.

Sementara itu Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, ketika ditemui wartawan menjealskan, pihaknya, sudah dihubungi RSUD Yowari dan kini tinggal melakukan MoU untuk menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

“Kalau rumah sakit Yowari ini sekarang kita tinggal MoU saja untuk BLU. Jadi bukan lagi dibawah Dinas Kesehatan, yaitu sedikit menjadi badan untuk bisa mengelola sendiri dan juga bisa kerjasama dengan pihak-pihak lain, tetapi rumah sakit ini tetap dibawah kendali pemerintah daerah,” katanya.

Bupati Mathius menambahkan, jikalau sudah menajdi BLU, maka  RSUD Yowari bisa mengkreasikan itu semua dengan perencanaan ke depan untuk menjadi lebih bagus lagi.[tyi]