RSUD Yowari Peringati HUT Kesehatan Nasional Ke-55

0
119
Caption : Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timotius Demetouw, SE, M. Si ketika memberikan sambutan pada momen HUT Kesehatan Nasional, di halaman RSUD Yowari, Jum'at (15/11/2019) siang. Foto : Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com
Caption : Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timotius Demetouw, SE, M. Si ketika memberikan sambutan pada momen HUT Kesehatan Nasional, di halaman RSUD Yowari, Jum'at (15/11/2019) siang. Foto : Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com

SENTANI, PapuaSatu.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari memperingatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55, dengan thema “generasi Indonesian unggul” dan sub thema “RSUD Yowari paripurna untuk generasi Papua sehat”.

Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timotius  Demetouw, SE, M. Si  mengatakan, dalam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan yaitu Optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.

“Jadi dua hal ini dimaksudkan untuk mengefisiensi tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan, penyediaan dan alat kesehatan produk lokal dalam negri tanpa mengurangi kualitas dan mutu,” ungkap Timotius Demetouw dalam sambutanya, di halaman RSUD Yowari, Jum’at (15/11/2019) siang.

Dirinya meminta bahwa harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektifitas, lembaga maupun Kementrian dan lintas sektor terkait harus lebih di tingkatkan. Agar tidak terjadi tumpang tindi hingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan.

“Kita ketahui bersama bahwa untuk mencapi tujuanya, tentu semuanya itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah,” ujarnya.

Ia mengajak, melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ini semua pihak-pihak terkait bersatu untuk konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan untuk menitik beratkan pembangunan generasi sehat yang di landasi tekad untuk memajukan bangsa.

“Untuk itu saya berharap kita dapat bekerja sama dengan baik dalam melakukan upaya-upayah inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat presiden dalam membenahi layanan kesehatan dan memperbaiki tata kelolah BPJS kesehatan serta penyedia obat-obatan maupun alat kesehatan lokal yang murah berkualitas,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yoari, Petronella Risamasu menuturkan sebenarnya HUT Kesehatan Nasional itu jatu pada 12 November tetapi pihaknya baru meperingatinya pada 15 November ini.

“Sebenarnya seluruh Insan kesehatan di seluruh Indonesia memperingati HUT pada 12 November tetapi kita yang baru meperingatinya sekarang dikerenakan satu dan lain hal,” ungakap Petronella.

Dikatakanya, sesuai thema dari pusat  pada momen HUT, ini sejalan denga visi misi Pemerintaha Kabupaten Jayapura. Tentang SDM yang unggul.

“Sesuai visi misi tentang SDM, maka melalui momen ini kita akan Mewujutkan itu, karena rumah Sakit Yoari memegang peranan penting dikerenakan Yoari merupakan layanan rujukan, artinya rgumah sakit rujukan. Artinya kalau suda sampai di Yoari itu suda harus memerluka layanan khusus,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, melalui momen HUT pihaknya akan mulai membenahi diri guna memberikan layanan yang baik.

“Jadi saya akan mengarahkan seluruh stab yang ada untuk membenahi diri, agar kita bisa memberikan layanan yang baik dalam Mewujutkan kesehatan yang unggul,”  katanya.  [tinus]