Sempat Landai Tiga Hari, Kasus Corona di Kabupaten Jayapura Kembali Melonjak

0
138
Info Grafis Covid-19 di Kabupaten Jayapura per Tanggal 18 Juni 2020
Info Grafis Covid-19 di Kabupaten Jayapura per Tanggal 18 Juni 2020

SENTANI, PapuaSatu.com – Setelah sempat landai selama tiga hari, kasus positif Covid-19 kini bertambah menjadi 24 kasus, dengan total pasien positif menjadi 159 kasus per Kamis  18 Juni 2020 malam.

Sementara kesembuhan untuk pasien Positif Covid 19 bertambah dua orang sembuh, sehingga pasien sembuh sampai per tanggal 18 Juni 2020 sebanyak 46 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Perpcepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Jayapura Khairul Lie, menyebutkan 24 kasus positif Covid-19 tersebut diantaranya,  Hawaii 2 kasus, Kelurahan Dobonsolo 4 kasus, Kelurahan Hinekombe 11 kasus, Doyo Baru 4 kasus, Kampung Babar 1 kasus dan di Kampung Waiya (Depapre) 2 kasus.

“Hari ini kami mendapat laporan dari Laboratorium Kesehatan Jayapura melalui Litbangkes dan juga rumah sakit Youwari, bahwa ada tambahan 24 kasus positif baru di Kabupaten Jayapura, sehingga total kasus positif kita menjadi 159. Kemudian yang sembuh juga bertambah 2 kasus, jadi 46 orang yang sembuh,” kata Khairul Lie yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dalam rilis videonya yang diterima wartawan media online ini, Kamis (18/6/2020) malam.

Untuk pasien yang sedang ditangani atau dirawat sebanyak 114 dengan prosentase sekitar 72 persen, kemudian orang dalam pemantauan (ODP) 36 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 132 orang, tes PCR sebanyak 1.701 dan Rapid Test sudah 9.973, serta ada 4,9 persen yang reaktif yang sudah dilanjutkan untuk tes PCR. Sementara ada satu orang yang meninggal dunia.

Menurutnya, penyebab lonjakan kasus positif baru: hasil tracing ke kontak pasien positif sebelumnya, ODP dan PDP di RSUD Youwari.  Mereka terungkap positif Covid-19 karena hasil tracing (pelacakan) oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura terhadap orang-orang pernah kontak erat dengan pasien positif sebelumnya maupun pasien PDP dan ODP di rumah sakit Youwari.  “Jadi kasus positif baru ini adalah hasil tracing, baik yang berhubungan dengan pasien positif sebelumnya maupun ODP dan PDP yang ada di rumah sakit Youwari,” bebernya.

Khairul menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura berharap masyarakat tidak perlu panik menyikapi lonjakan kasus Covid-19 dalam tiga hari terakhir ini.

Pemerintah, sebut Khairul Lie meminta warga untuk bisa meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus Corona dalam setiap aspek kehidupan.

“Hari ini termasuk cukup besar tambahan kasus positif baru di Kabupaten Jayapura, sehingga kami berharap kepada masyarakat di daerah ini untuk selalu memperhatikan kegiatan-kegiatan yang menjadi tugas kita,” paparnya.

“Dimana, tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura hanya melonggarkan waktu operasional. Tetapi, pembatasan-pembatasan tetap dilakukan. Imbauan untuk tidak keluar rumah kalau tidak ada kepentingan, kemudian jaga jarak saat berada diluar rumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah itu sangat penting untuk kita praktekkan. Karena melihat perkembangan kasus-kasus positif baru yang terus terjadi di daerah ini, maka tidak menutupkemungkinan kasus ini akan berkembang secara terus-menerus,” tukas Khairul Lie. [Irf]