YTCI Tawarkan Tiga Program Pengembangan Pendidikan ke Pemkab Jayapura

783

Caption Foto: Bupati Jayapura Mathius Awoitauw., SE, M. Si. saat berbincang-bincang dengan Pengurus  YTIC di ruang rapat Kantor Bupati Jayapura,  Selasa (6/3/2018) siang. (Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com).

SENTANI PapuaSatu.com – Ketua Yayasan Transformasi Indonesia Cerdas (YTIC) Dr. F. Irwan Widjaja, B.DC., MAIE, M.th., M.Miss, PhD©,  menemui Bupati Jayapura Mathius Awoitauw untuk menawarkan tiga program pengembangan pendidikan di daerahnya.

Ketiga program yang dimaksud yakni,  perekrutan tenaga guru,  penguatan tenaga guru dan Kampung Cerdas. “Ketiga program ini sudah berjalan selama 6 tahun beberapa kabupaten di Papua, kini kabupaten Jayapura,” kata Irwan Widjaja kepada wartawan di kantor bupati Jayapura, Selasa 6/3/2018).

Wakil Ketua lll (YTIC) Kenny Kusumo, B.Sc. menambahkan, Program yang akan dilakukan seperti Papua Cerdas. “Program ini bukan hanya dibahas materi tapi harus mengaplikasikan langsung di lapangan,” ujarnya.

Selama ini, aku Kusumo sudah  melayani di Papua selama 6 tahun dan suda melayani di 4 kabupaten. “Hasilnya kini kami sudah mempunyai guru di Papua sebanyak 250 orang yang suda mengajar di beberapa kampung di Provinsi Papua,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Alpius Toam, mengaku dalam percakapan Bupati dan (YTIC) bahwa dengan banyak mitra yang akan memberikan dukungan terutama kekuatan baru dalam dunia pendidikan maupun usaha, seperti dukungam dari perguruan tinggi maupun pengusaha-pengusaha swasta dan pemerintah, ini suda sangat kuat mempaparkan misi Papua cerdas.

” Ada banyak sektor yang mereka bisa tangani, misalnya pertanian dan perternakan. Karena ini mereka punya mitra untuk mengembangkan potensi di Daerah kabupaten Jayapura dan kita sanga tmenyambutnya,”  kata dia.

Menurutnya, di kabupaten Jayapura ini tempatnya sangat strategis untuk membangun Kantor perwakilam center untuk pembinaan guru, pelatihan dan lain sebagainya guna meningkatkan pelayanan belajar dan mengajar di Daerah ini. [tyi]