Bhayangkari Biak Gelar Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks

1172

Caption Foto : Ketua Bhayangkari Cabang Biak Numfor Ny. Diana Rachmad Amsori, saat foto bersama dengan pengurus Bhayangkari dan petugas puksesmas usai sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan Kanker Serviks. (Humas/PapuaSatu.com)

BIAK, PapuaSatu.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-38 Yayasan Kemala Bhayangkari, pengurus Bhayangkari Cabang Biak Numfor menggelar kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Biak Kota, Rabu (21/3/2018).

Ketua Bhayangkari Cabang Biak Numfor Ny. Diana Rachmad Amsori mengatakan soialisasi dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebagai wujud kepedulian Bhayangkari terhadap pencegahan penyakit kanker serviks khususnya di Wilayah Kabupaten Biak Numfor.

“Terima kasih saya sampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu hingga terlaksananya kegiatan ini, dari pihak BPJS Cabang Biak dan juga Pihak Puskesmas Biak Kota, “ungkap Ny. Diana Rachmad Amsori.

Sebelumnya, Wilhemina M. Kakiay. S.SiT selaku perwakilan Puskesmas Biak Kota menjelaskan tentang pentingnya melakukan pemeriksaan serviks.

“Kami menyerankan kepada setiap wanita yang telah aktif secara seksual untuk melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin setidaknya minimal setahun sekali,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Biak Veni Permatasari menjelaskan, dari jumlah wanita yang ada di Kabupaten Biak Numfor, baru sekitar 15% yang telah melakukan pemeriksaan kanker serviks.

Hal ini terjadi kemungkinan dikarenakan masyarakat belum menyadari pentingnya pemeriksaan kanker serviks. “Biasanya hanya pada moment tertentu saja, seperti HUT Dharma Wanita, HUT Bhayangkari atau giat-giat tertentu lainnya, “tandas Veni Permatasari. [loy]