Pangdam XVII/Cenderawasih Hadiri Festival Budaya Asmat

1180

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E. Supit bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua menghadiri Festival Budaya Asmat ke-32 yang dimulai pada Kamis 19 Oktober 2017 sampai dengan Selasa 24 Oktober 2017 bertempat di Lapangan Yos Sudarso Distrik Agats Kabupaten Asmat.

Berdasarkan Press Release Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih yang diterima PapuaSatu.com, Selasa (24/10/17) Pangdam XVII/Cenderawasih dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa saya sangat senang berada di Agats, Kabupaten Asmat. Karena memiliki banyak keunikan dan budayanya yang sangat bagus serta baru pertama kali melaksanakan kunjungan ke daerah ini.

 “Saya sudah berbincang dengan Bupati Kabupaten Asmat, bahwa kami Kodam XVII/Cenderawasih membuka kesempatan bagi Putra Putri terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Asmat untuk menjadi prajurit TNI AD. Dimana kami akan mengutamakan Putra Putri asli Papua”, tambah Mayjen TNI George Elnadus Supit.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, bahwa tidak ada daerah yang memiliki keunikan seperti yang dimiliki oleh suku Asmat. Bukan hanya karena budaya dan ukirannya yang sangat indah, selain itu juga karena Kabupaten Asmat adalah Kabupaten yang dibangun diatas air (rawa) karena dasar bangunannya dan jalan terbuat dari papan.”

“Ukiran – ukiran yang terbaik dalam setiap Festival Budaya Asmat akan ditampilkan pada PON tahun 2020 di Papua,” jelas Gubernur Papua.

Dalam acara ini turut hadir juga Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P beserta ibu, Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih beserta ibu, Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu, S.Sos, Wakil Bupati Kabupaten Asmat Thomas E. Safanpo, ST ,Uskup Keuskupan Agung Kabupaten Asmat, Kasdim 1707/Merauke Mayor Arm Boby, Kapolres Asmat AKBP Abdul Aziz U., dan segenap Pimpina SKPD Kabupaten Asmat. (Abe)