Jelang HUT TNI, Kodam Cenderawasih Kembali Gelar Turnamen Sepak Bola Pangdam Cup U 12-14

0
146

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka HUT Ke-75 TNI, Kodam XVII/Cenderawasih kembali menggelar turnamen sepak bola U 12- 14.

Turnamen ini memperebutkan Piala Pangdam XVII/Cenderawasih yang digelar di lapangan Frans Kaisiepo Makodam XVII/Cenderawasih, pada Rabu (9/9/2020).

“Semoga event ini, dapat meningkatkan prestasi persepakbolaan, menumbuh suburkan rasa persatuan dan kesatuan anak bangsa di wilayah Papua,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab dalam amanatnya yang dibacakan oleh Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM).

BTM pnaggilan akrabnya itu, mengatakan bahwa sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Papua, terutama di kalangan anak-anak usia remaja.

Untuk itu, dalam rangka menyambut HUT TNI ke-75, Kodam XVII/ Cenderawasih kembali menggelar pertandingan sepakbola u 12-14 guna menjaring bibit-bibit pesepakbola Papua yang berprestasi.

Pada kesempatan itu, BTM berharap agar dalam setiap turnamen harus menjunjung tinggi sportifitas. “Kita harus mampu mengukur dan mengakui kekurangan diri sendiri serta mengakui kelebihan orang lain,” harapnya.

Untuk itu, BTM kembali menekankan agar peserta dapat melaksanakan pertandingan dengan jiwa sportif, kembangkan kemampuan dan skill yang dimiliki dengan harapan suatu saat pemain sepak bola u 12-14 Papua bisa masuk dalam liga tingkat nasional bahkan internasional.

Lebih lanjut dikatakan BTM bahwa pertandingan ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk menjaga kebugaran tubuh, guna memperkuat imun dimasa pandemi covid-19 dan menjauhkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang yang dapat menghancurkan karakter masa depan bangsa dan negara.

Turnamen ini berhadiah uang tunai dan piala. “Namun demikian apapun hasil yang didapat nantinya, agar diterima dengan lapang dada dan jiwa sportif karena kegiatan ini selain untuk meningkatkan prestasi juga sebagai ajang menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta menggairahkan semangat berolahraga,”pungkas BTM.

Usai pembukaan, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menekankan kepada setiap wasit agar tidak segan-segan memberikan kartu merah apabila pemain dari club tersebut bermain kasar dan curang.

“Ketika ada pemain yang melakukan pelanggaran keras, wasit jangan segan untuk memberikan kartu merah, dan bagi para pemain harus menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding, karena hal tersebut akan menjadi karakter saat menjadi pemain Senior,” tambah Pangdam.

Diketahui bahwa pada turnemen kali ini diikuti oleh 20 klub dari Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura dengan sistem pertandingan yang digunakan adalah setengah kompetisi dan pada awal turnamen ini digelar pertandingan persahabatan antara mantan pemain Persipura melawan gabungan Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih. [loy]