Balai Penyuluh KB di Kabupaten Jayapura Siap Difungsikan

985

SENTANI, PapuaSatu.com– Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Jayapura, direncanakan mulai difungsikan secara maksimal. Balai tersebut ini ingin memberikan layanan KB bagi setiap warga di sembilan distrik yang didalamnya ada sembilan kampung yang telah dinyatakan sebagai kampung KB.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarag Berencana Kabupaten Jayapura, Arry Ronny Deda mengatakan,  pihaknya selaku Organisasi Pernagkat Daerah (OPD) tekhnis tentu memberikan perhatian serius terhadap perkembangan program KB di Kabupaten Jayapura.

“Ada dua balai penyuluh KB yakni di Kampung Maribu Distrik Sentani Barat dan Kampung Doyo Lama di  Distrik Waibu. Kedua Balai ini  akan difungsikan secara maksimal,” kata Arry Ronny Deda kepada wartawan di halaman Kantor Distrik Waibu, Kamis (5/10/2017).

Dikatakannya, Balai Penyuluh KB bukan hanya untuk kegiatan KB tetapi juga dapat dimanfaatkan warga untuk kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. “Ya kami berharap dengan kehadiran balai ini warga dapat dibina  untuk mengetahui secara detail pentingnya program KB dalam menjalankan pembangunan di daerah demi mencapai kesejahteraan,” ujar Deda.

Disebutkan, ada sejumlah dana sharing antar pihaknya dan BKKBN Perwakilan Papua  yang peruntuknanya dapat digunakan sebagai biaya operasional untuk melengkapi perlengkapan yang dibutuhkan dalam balai penyuluh.

Menurutnya, Kabupaten Jayapura dari sejumlah kabupaten dan kota di Papua sangat konsen dengan menjalankan program KB. Sebab program KB merupakan bagian dari kebijakan nasional yang dapat diterapkan oleh setiap daerah.

“Kita di Kabupaten Jayapura sudah menyatakan keseriusan dengan pencanangan kampung KB. Semoga apa yang dilakukan ini kelak dapat memberikan manfaat bagi pembanguan daerah secara utuh dan menyeluruh dalam membangun kesejahteraan warga,” tukasnya. (piet/nius)