Gerak Jalan dan Senam Massal Semarakkan Sumpah Pemuda di Perbatasan RI-PNG

1171

Caption Foto : Dansatgas Yonif 410/Alugoro Letkol Inf M Heri Amrullah, S.Sos. saat membuka kegiatan gerak jalan yang ditandai denga mengangkat bendera star, Sabtu (28/10/2017).  (Pendam/PapuaSatu.com)  

KEEROM, PapuaSatu.com – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tangal 28 Oktober, di Tahun 2017 yang merupakan hari sumpah pemuda ke 89, di kawasan Perbatasan RI-PNG, tepatnya di Disrik Manem, Kabupaten Keerom berlangsung semarak.

Yang mana, masyarakat Distrik Manem dan personel Satgas Yonif 410/Alugoro serta anggota Koramil Arso memperingatinya dengan melaksanakan kegiatan gerak jalan santai dan senam masal.

Gerak jalan santai tersebut mengambil star dari depan pintu gerbang Pos Kotis PIR IV Wonorejo dan finish di depan Kantor Distrik Manem. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat baik orang tua maupun para remaja/pemuda khususnya.

Dansatgas Yonif 410/Alugoro Letkol Inf M Heri Amrullah, S.Sos. saat membuka kegiatan gerak jalan yang ditandai denga mengangkat bendera star megungkapkan bahwa jalan santai yang menempuh jarak kurang lebih 5 km untuk diadakan untuk mendorong masyarakat, khususnya kalangan pemuda supaya mempunyai jiwa semangat patriotis.

“Sikap patriotis tersebut seperti yang sudah ajarkan oleh para pelopor dan pencetus sumpah pemuda untuk selalu bangkit dan mempunyai semangat yang tinggi dalam membangun bangsa dan negara,” kata Dansatgas disela-sela kegiatan ini.

Selesai jalan sehat dilanjutkan kegiatan senam masal dengan tujuan agar peserta gerak jalan santai tetap sehat dan hidup semakin begairah. Kegiatan senan masal ini juga bisa melepaskan rasa penat setelah selama ini masyarakat sibuk bekerja untuk mencari nafkah bagi kalangan orang tua dan para pemuda sibuk menimba ilmu di bangku sekolah.

Senam masal selesai, masyarakat juga disuguhi hiburan grup musik Baladewa Band dari Satgas Yonif 410/Alugoro dengan membawakan lagu-lagu khas daerah Papua maupun lagu yang sedang populer sekarang ini sehingga suasana semakin meriah karena masyarakat merasa sangat terhibur khususnya kalangan pemuda.

Selain disuguhi hiburan musik yang sangat meriah, panitia juga menyediakan ratusan dorprise yang sangat menarik dengan cara menunjukkan kupon undian yang sudah dibagikan oleh panitia, hadiah-hadiah ini diundi disela-sela pertunjukan hiburan.(rahayu/ahmadj)