Kehadiran Pemerintah Wajib Perkuat Nilai-Nilai Pancasila

873

Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tommi Mano. MM saat memimpin upacara. Senin (2/10/2017). (Rudolf/PapuaSatu.com)

JAYAPURA,PapuaSatu.com – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila  yang jatuh pada Minggu 1 Oktober diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Senin (2/10/2017) pagi kemarin.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipusatkan di lapangan apel kantor walikota dihadiri oleh Wakil Walikota Jayapura, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah (Sekda), para asisten, staf ahli, ketua TP PKK, Ketua DWP, para pimpinan OPD, Muspida serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkot Jayapura, TNI-POLRI ,IPDN dan siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK Se-Kota Jayapura.

Upacara di awali dengan mengheningkan cipta dan pembacaan pancasila yang di pimpin oleh Walikota Jayapura. DR. Benhur Tomi Mano, MM (BTM), sedangkan pembacaan Undang-Undang dasar 1945 di bacakan oleh Sekda Kota Jayapura, R D Siahaya SH. MM, dan Wakil  Ketua DPRD Kota Jayapura, Timbul Sipahutar, SH, di percayakan membacakan ikrar kesaktian pancasaila.

Wali Kota Jayapura, Drs. Benhur Tommi Mano mengatakan, kehadiran Pemerintah untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila serta mempertahankan ideologi Pancasila, konkritnya kota Jayapura masih eksis dalam bingkai NKRI dan kita terus melakukan hal-hal yang berguna bagi bangsa dan negara khususnya di kota Jayapura.

“Pancasila merupakan dasar negara yang mempererat tali persatuan dan kesatuan seluruh rakyat bangsa Indonesia yang dikuatkan dengan lima sila Pancasila dalam menggambarkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dalam semangat gotong royong kerjasama” kata BTM.

Dikatakannya, sebagai wujud nyata nilai Pancasila tersebut maka Kota Jayapura mengusun moto “Satu hati membangun kota untuk kemudian nama Tuhan” yang tentu terkandung dalam sila pertama ketuhanan yang maha esa, lima dasar Pancasila tersebut sudah di wujud nyatakan di Kota Jayapura bentuk hubungan kita dengan masyarakat, yang terkandung pesan dari dalam undang-undang Dasar 1945 alinea ke-IV.

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,” paparnya.

Lanjutnya,  di Kota Jayapura dengan beberapa program besar yang menjadi prioritas seperti pada bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur bidang pemberdayaan ekonomi dan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Artinya bagaimana pemerintah melakukan kegiatan yang terbaik kepada masyarakat dan persatuan dan kesatuan merupakan dasar utama guna membangun Kota Jayapura sebagai wujud nyata bahwa pengamalan Pancasila yang merupakan kekuatan besar untuk mempererat tali silaturahmi seluruh komponen masyarakat yang ada di Kota Jayapura,” pungkasnya. (rdf/nius).