Pelayanan Puskesmas di Kota Jayapura Belum Maksimal

1815

Caption Foto :  Wakil Walikota Jayapura, Ir. Hj, Rustan Saru, MM saat sidak di Puskesmas Tanjung Ria, Kamis (5/10/2017). (Rudolf/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Ketersedian sarana prasarana masih menjadi kendala pelayanan beberapa Puskesmas di Kota Jayapura, persoalan yang hingga kini kerap menjadi salah satu alasan terkendalanya pelayanan di Puskesmas adalah masalah sarana air bersih.

Hal itu terungkap dalam sidak yang dilakukan Wakil Walikota Jayapura, Ir. Hj, Rustan Saru, MM di 14 Puskesmas wilayah Kota Jayapura, yang berlangsung, Kamis (5/10/2017) pagi.

Kepada PapuaSatu.com, Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru mengatakan,  dari sidak yang dilakukan di 14 Puskesmas Kota  Jayapura masih banyak puskesmas belum maksimalnya  dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Ini terjadi karena masih minimnya sarana peralatan, dan kurangnya tenaga medis  serta sarana utama seperti, ketersediaan sarana air bersih,” tukas Rustan.

Dengan kondisi itu, maka mantan anggota DPR Papua ini menegaskan, bahwa pihaknya akan memfasilitasi mesin pompa air untuk menyediakan air bersih dipuskesmas yang urgen. “salah satu dari sekian puskesmas yang urgen dengan sarana air bersihnya itu Puskesmas Imbi dan Tanjung Ria,” jelasnya.

Selain masalah air bersih, Rustan juga menuturkan, ada beberapa Pustu di beberapa wilayah Puskesmas yang sudah lagi tidak berfungsi. “Ada Pustu yang sudah tidak berfungsi, kita akan upayahkan untuk dipindahkan saja, atau diaktifkan kembali,” tuturnya.

Rustan menambahkan, terbatasnya jumlah ruangan-ruangan Puskesmas dan sarana prasarana pelengkap juga menjadi penyebab beberapa Puskesmas tidak maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Namun Ia berharap setiap petugas di semua Puskesmas tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, sementara kendala-kendala yang ada akan dibenahi Pemkot secara perlaha-lahan. (rdf/nius).