STIPER STA Berkomitmen Tingkatkan Status Jadi Universitas

SENTANI, PapuaSatu.com – Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Santo Thomas Aquino (STIPER STA) Jayapura berkomitmen untuk kedepan meningkatkan statusnya dari sekolah tinggi menjadi Universitas.

Mengenai komitmen tersebut langsung disampaikan oleh Ketua STIPER STA Jayapura, Ir. Hendrik Kubela, M.Si kepada media ini di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura Gunung Merah Sentani, belum lama ini.

Dikatakan, berdasarkan perkembangan dan tuntutan pendidikan serta jumlah mahasiswa yang dari tahun ketahun bertambah maka sudah semestinya Stiper STA berbenah menjadi dari sekolah tinggi menjadi universitas.

“Kami sudah menyampaikan kepada pihak yayasan dan pihak yayasan juga berpendapat sama dengan kami untuk meningkatkan status sekolah tinggi menjadi universitas,” ujarnya.

Menurutnya, setlah status Stipen STA menjadi universitas maka akan dibuka sejumlah falutas berdasarkan kebutuhan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk bekerja dan membangun daerah ini berdasarkan disiplin ilmu.

Disinggung mengenai langkah awal seperti apa yang diambil oleh pihaknya untuk meningkatkan status sekolah tinggi, Kubela menjelaskan langkah awal adalah dengan mendorong para dosen yang berpendidikan S1 melanjutkan S2.

Selain itu, upaya-upaya lain juga sedang dialkukan oleh pihak Stiper STA agar perubahan status sekolah tinggi ke universitas dapat terwujud dalam waktu dekat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Santo Thomas Aquino Jayapura, Jefrry de Fretees menyatakan jika pihaknya sangat mendukung rencana Stiper berubah status dari sekolah tinggi menjadi universita.

“Kami yayaysan pada prinsipnya sangat setujui dan akan memnbantu bersama pihak Stiper untuk menata sekolah tinggi ini menjadi universitas,” tandas ketua yayasan yang juga sebagai Kepala BPS Kabupaten Jayapura.

Ditambahkan, Papua yang luas ini membutuhkan tenaga-tenaga terampil untuk mengelola pertanian. Sebab itu, lewat peningkatan status sekolah tinggi dapat menjawab tuntutan menghadirkan SDM yang handal di bidang pertanian untuk membangun daerah. (piet/nius)