Tim Ekspedisi NKRI Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Menyamur

622

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi memberika pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Kampung Sumur Aman, Distrik Menyamur, Kabupaten Mappi, Sabtu (16/09).

Berdasarkan siaran pers Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih yang diterima PapuaSatu.com, Tim Ekspedisi NKRI harus  menempuh perjalanan kurang lebih selama empat hari sejak Rabu (13/09) untuk dapat sampai ke kampung tersebut.

Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol beserta Wen selaku Kesbangpol pemerintahan Kabupaten Mappi mengatakan bahwa,” Tim Ekspedisi NKRI sebelumnya melakukan observasi terlebih dahulu ke Distrik Menyamur, dari 12 kampung yang dikunjungi, kampung Sumur Aman merupakan kampung yang paling membutuhkan pelayanan kesehatan”.

Hal ini disebabkan karena 2 bulan sebelumnya banyak masyarakat kampung Sumur Aman yang terkena wabah muntaber dan mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). Selain itu, pola hidup masyarakat yang masih kurang sadar akan kesehatan adalah penyebab munculnya wabah-wabah penyakit yang merugikan kesehatan masyarakat.

Tim Ekspedisi NKRI membawa 5 orang tim kesehatan yakni Kapten Ckm Denny Ganap, Letda Ckm (K) dr.Prima HY , Serda Mardika, Herlan Erari Amd. Kep dan Wulan Tridianti Amd.Keb .Tim kesehatan ini dibantu oleh 20 orang personil Ekspedisi NKRI dikarenakan banyaknya jumlah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga membagikan Biskuit MP ASI, Biskuit untuk Ibu Hamil dan Biskuit anak sekolah , untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat.

Hermanus Djula S.Ip Kepala Distrik Menyamur, menyampaikan, “Pengobatan massal ini merupakan kegiatan pelayanan kesehatan pertama sekali di distrik menyamur, apalagi kampung sumur aman”.Kedatangan Tim Ekspedisi NKRI membuat tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, dapat dilihat saat senja anak-anak mulai mandi menggunakan sabun, orang tua mencuci sudah mulai menggunakan sabun cuci.

Kepala Distrik Menyamur juga menyampaikan harapannya kepada Tim Ekspedisi NKRI, bila masih ada kegiatan ekspedisi lagi agar tidak lupa untuk datang lagi ke distrik Menyamur untuk membina masyarakat tentang pola hidup sehat. Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga menggelar nonton bareng bersama masyarakat film-film nasional setiap malam, dan Program kegiatan revolusi mental kepada anak-anak sekolah setiap sore. (Abe)