Borong Medali, KKI UNCEN Ambil Alih Piala Pangdam XVII/Cenderawasih

555

Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen  TNI Herman Asaribab menyerahkan Piala Bergilir Pangdam XVII/Cenderawasih kepada perwakilan Kontingen KKI UNCEN yang menjadi juara umum dalam Kejurda Karate Piala Pangdam 2017 di GOR Waringin, Kota Raja, Jayapura. Foto : Arie Bagus

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Piala Pangdam yang digelar di GOR Waringin, Kota Raja, Jayapura resmi ditutup oleh Kepala Staf Daerah Milter (Kasdam) XVII/Cenderawasih, Brigadir Jenderal TNI Herman Asaribab, Sabtu (09/09/17).

Dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan Brigadir Jenderal TNI Herman Asaribab mengatakan, Kejuaraan Karate yang telah dilaksanakan sejak Kamis 07 – Sabtu 09 September 2017 bisa diakhir dalam keadaan yang tertib dan aman.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tulus kepada seluruh peserta yang ikut dalam kejuaraan tersebut, karena kejuaraan dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

“Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari sikap kedewasaan Karateka yang menyadari bahwa dalam suatu kejuaraan pasti ada pihak yang menang dan kalah. Untuk itu saya harapkan apapun hasil yang didapatkan dalam kejuaraan yang telah dilaksanakan patut disyukuri serta diterima dengan lapang dada sebagai ajang untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta menggairahkan semangat berolahraga, khususnya Karate di wilayah Papua” tukasnya.

Kepada tim yang menjadi juara Kasdam mengucapkan selamat dan menghimbau untuk tetap berlatih dan memanfaatkan hasil yang didapatkan dari kejuaraan tersbut dengan bijak. “Dan untuk tim yang belum menjadi juara agar jangan berkecil hati jadikanlah even yang telah berlangsung ini sebagai pengalaman berharga, agar kejuaraan yang akan digelar berikutnya dapat menjadi terbaik” tambahnya.

“Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda serta untuk menumbuhkan tekad bahwa hari esok harus lebih baik daripada hari ini”tutup Kasdam.

Usai kejuaraan tersebut ditutup, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian medali dan hadiah bagi seluruh pemenang.

Kejurda Karate yang memperebutkan Piala begilir Pangdam XVII/Cenderawasih selama kurang lebih tiga hari tersebut dibagi dalam empat kategori yaitu, kata perorangan, kata beregu, kumite perorangan dan kumite beregu.

Pada akhirnya Kontingen Kushin Ryu M Karatedo Indenesia (KKI) Universitas Cenderawasih (UNCEN) keluar sebagai juara umum dalam kejuaraan tersebut dengan perolehan 9 medali emas, 6 medali perak dan 6 medali perunggu.

Selain berhasil memborong 21 medali emas, perak dan perunggu, Kontingen KKI Uncen juga berhasil membawa pulang Piala berigilir Pangdam XVII/Cenderawasih.

Perlu diketahui, Kejurda Karate yang memperebutkan Piala Pangdam XVII/Cenderawasih juga bertujuan untuk mempersiapkan para Karateka yang akan ikut dalam Pra PON 2019 dan PON  yang akan diselenggrakan di Papua tahun 2020 mendatang. (Abe)