DPRP Optimis Pelaksanaan PON XX Tetap di Papua

645

JAYAPURA,PapuaSatu.Com – Ketua DPR Papua Yunus Wonda SH. MH menjawab rumor yang selama ini beredar dipublik bahwa pelaksanaan PON XX di Papua pada tahun 2020 mendatang terancam batal.

“Saya optimis dan saya pastikan bahwa pelaksanaan PON XX yang berlangsung pada tahun 2020 mendatang tetap dilaksanakan di Papua. Ini jawaban kami terhadap KONI pusat yang sempat meragukan Papua menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan PON,” tegas Yunus Wonda, Selasa (18/7/2017).

Untuk itu politisi partai Demokrat ini menegaskan, DPRP Papua bersama Pemerintah Provinsi, PB PON dan juga pihak penyelenggara lainnya bahwa dalam mewujudkan PON di Papua harus disikapi dengan serius terutama dalam mempersiapkan proses pelaksanaan PON nanti.

“Kita sudah berjalan serius hanya tinggal langkah yang digenjot. Jadi kalau ada komentar dari KONI Pusat maka itu menjadi motivasi bagi kami di Papua, dan kami akan membuktikannya dnegan melakukan rapat bersama Lemhanas yang baru saja kami lakukan kemarin. Itu bukti keseriusan kami,” tukasnya.

Yunus kembali menegaskan bahwa tidak ada keraguan untuk penyelenggaraan PON XX di Papua karena untuk mewujudkan PON maka Papua harus menunggu 50 tahun dan apabila tidak dilaksanakan di Papua maka Papua harus menunggu 100 tahun lagi menjadi tuan rumah.

Oleh karena itu, pihaknya selaku ketua DPR Papua yang juga merupakan wakil dari seluruh rakyat di Provinsi Papua merasa optimis. “Persiapan sudah kami lakukan dan masalah gedung sudah tidak diragukan lagi karena masih banyak gedung-gedung yang dipakai. Apalagi Pemprov sudah melakukan koordinasi dengan pihak ketiga,”  ujarnya.

Sambungnya, bangunan yang akan di pakai menurutnya akan lebih banyak bangunan milik pihak ketiga dimana persiapannya akan di perbaiki dan kemudian di hibahkan kembali dan tidak berpatokan pembangunan gedung baru.

“Mungkin yang dibangun baru adalah Venue utama, kolam renang dan lainnya kita manfaatkan pihak ketiga dan anggarannya kita akan dorong pada anggaran 2018 dan 2019,”tambahnya.

Selain itu percepatan pembangunan dan pengaturan mengenai PON di bumi Cenderawasih ini juga pihaknya mengaku sedang melakukan pembahasan pembaharuan Perdasi PON 2020 dan juga Prapernas .[Nius]