Inilah Aksi Rojali Volly Club Terhadap Pencegahan HIV

0
170
Ketua Rojali Volly Club, Marry Perez
Ketua Rojali Volly Club, Marry Perez

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Rojali Volly Club adalah salah satu tim yang beranggotakan 30 orang waria, yang aktif dalam berbagai kegiatan olahraga, sosial dan peduli kepada lingkungan. Waria seringkali mendapatkan stigma dan diskriminasi karena selalu dikait-kaitkan dengan HIV/AIDS.

Ketua Rojali Volly Club, Marry Perez mengatakan para anggota Rojali Volly Club selalu melakukan pemeriksaan HIV secara rutin.

“Kalau diluar sana pemeriksaan bersifat sukarela, kalau bagi kami disini bersifat mandatori. Jadi siapapun yang berada dalam tim rojali, bila ia tidak mau memeriksakan diri akan didenda 250 ribu,” katanya saat diwawancarai awak media disela-sela Jayapura International AIDS Conference (JIAC), Rabu (31/7/2019).

Selain pemeriksaan rutin, ada pula aturan didalam Rojali Volly Club untuk tidak saling menggosipkan atau mencibir teman-teman yang terinfeksi HIV.

“Kalau diantara teman-teman tim yang menggosipkan atau mencibir teman-teman satu sama lain yang terinfeksi HIV maka kami akan dendan sebesar 2,5 juta. Gunanya denda tersebut agar kami bisa membelikan tiket dan memulangkan orang tersebut kembali ke kampungnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Rojali Volly Club juga sering melakukan kunjungan ke para Odha dan rumah-rumah singgah. Kunjungannya selain untuk bhakti sosial, mereka juga memberikan dukungan kepada Odha.

“Saya sengaja mengajak teman-teman kesana agar mereka juga bisa memotivasi odha, serta bisa belajar dari odha bahwa HIV bukan akhir dari segalanya. Dan Odha pun bisa terus semangat bila rutin konsumsi ARV,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan bahwa prinsip Rojali Volly Club adalah perbuatan lebih bergema daripada kata-kata. “Ketika berbicara HIV tapi kita tidak mau membantu teman-teman odha, itu sama saja omong kosong,” tukasnya. [ayu]